Begini Langkah-langkah Untuk Membudidayakan Ubi Jepang

oleh -15 views
Ubi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Membudidayakan Ubi Jepang memerlukan waktu sekitar empat sampai lima bulan saja. Tentu ini lebih singkat dibandingkan dengan ubi lokal yang memerlukan waktu enam hingga delapan bulan. Berikut ada langkah-langkah budidaya Ubi Jepang agar cepat panen.

Pertama, siapkan lahan dengan tanah. Sebagai media tanam, tanah perlu untuk di gemburkan terlebih dahulu dan dibuat gundukan. Tambahkan pula berbagai macam pupuk organik seperti kotoran kambing dan ayam. Jangan lupa juga seprotkan pestisida.

Kedua, pilih bibit yang baik dan unggul. Biasanya yang berusia dua bulan, pastikan panjangnya sudah mencapai sekitar 20 centimeter. Batangnya pas atau tidak begitu kecil, kemudian buku-buku akarnya juga tidak terlalu renggang.

Baca Juga :   Mau Budidaya Ikan Gurame, Simak Cara Perawatannya Di Sini

Ketiga, tanam dua hingga tiga bibit pada satu lubang. Tujuannya apabila salah satu tidak berumbi, maka ada yang lainnya. Beri jarak tanam sejauh 25 centimeter dan satu meter antar baris gundukannya.

Keempat, untuk mengantisipasi serangan hama maka lakukan kontrol terhadap tanaman. Kemudian guna memenuhi nutrisinya siram ubi dengan larutan pupuk organik seperlunya. Pada usia tiga minggu, Anda perlu mencabut bibit yang tidak tumbuh serta beberapa gulma.

Kelima, tanaman ubi siap dipanen jika sudah memasuki usia empat hingga lima bulan dan ukuran serta beratnya juga sudah sesuai.

Baca Juga :   Koki, Jenis Ikan Mungil yang Cantik

Itulah langkah-langkah budidaya Ubi Jepang yang praktis. Perlu diketahui bahwasanya hasil panennya juga menjanjikan dan budidayanya mudah. Sehingga cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.

Komentar