Warga Rusun Kembangkan Budidaya Lele Wujud Ketahanan Pangan

oleh -35 views
Enda Rohenda Warga Rusun Flamboyan
Enda Rohenda, Warga Rusun Flamboyan di Depan Kolam Lele - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Warga rusun Flamboyan di Cengkareng, Jakarta Barat, kini sedang mengembangkan budidaya ikan lele sebagai program kegiatan warga dan wujud untuk ketahanan pangan masyarakat.

Menurut Enda Rohenda (43) selaku Ketua RT yang berada di wilayah rusun tersebut menegaskan bahwa kegiatan pengembangan budidaya lele ini sebagai upaya pemanfaatan lahan yang ada. Selain itu, menurut Enda kegiatan ini juga sangat baik untuk mengisi kegiatan masyarakat saat pandemi.

“Saat ini sebagian warga banyak yang dirumahkan. Oleh karenanya untuk mengisi waktu, diadakan program budidaya lele” kata Enda kepada Panen News, Selasa (28/7/2020).

Enda menjelaskan bahwa saat ini hanya ada satu kolam yang berada di area kebun Blok C. Kolam ini memanfaatkan sebagian rangka yang sudah ada dengan dipebarui terpalnya saja yang berasal dari swadaya warga.

Baca Juga :   Ilmuan Temukan Gula Langka Dalam Madu Lebah Yang Lebih Sehat

“Kolam ini ukurannya sekitar 4×2 meter yang dapat menampung sekitar 1.000 bibit lele” ungkapnya.

Enda melanjutkan bahwa untuk bibit lelenya sendiri, saat ini ia sedang mengajukan permohonan bantuan ke Dinas terkait. Hal ini menurutnya agar lebih meringankan beban biaya yang timbul nantinya, sehingga pengelolaannya akan jauh lebih murah.

“Kami sudah mengajukan surat permohonan bantuan bibit lele ke Dinas, semoga ini cepat disetujui” terangnya.

Ia mengungkapkan nantinya kolam ini dikelola oleh semua warga yang ingin belajar maupun mengetahui proses budidaya lele. Selain itu, lanjut Enda, budidaya lele ini juga untuk mendidik masyarakat agar mampu memanfaatkan lahan sekecil apapun untuk dapat digunakan dengan maksimal.

Baca Juga :   Menteri Koperasi Dukung Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

“Rencananya nanti waktu panen kami tidak menjual ke luar, tetapi akan dijual hanya ke warga rusun saja dengan harga yang jauh lebih murah” jelasnya.

Enda berharap agar program kegiatan warga ini dapat berjalan dengan lancar dan sebagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di masyarakat. Ia melanjutkan bahwa banyak warga di rusun yang mengkonsumsi ikan lele sebagai lauk setiap harinya, sehingga program ini sangat cocok untuk dilaksanakan.

“Dari hal kecil seperti inilah nantinya kita mampu membantu masyarakat untuk mendapatkan pangan yang murah” pungkasnya.

Komentar