Ternyata Simpel dan Mudah Untuk Merawat Ayam Cemani

oleh -25 views
ayam cemani
Ayam Cemani - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Kebutuhan akan ayam hias memang cukup besar di pasaran, terutama ayam cemani. Ayam yang identik legam ini cukup potensial dijadikan sebagai lahan bisnis karena pangsa pasar yang cukup luas.

Menurut Dumadi (33) saat ditemui di peternakannya di daerah Pasar Kemis, Tangerang, Sabtu (18/7) menjelaskan bahwa pasar dari ayam ini bukan hanya di domestik saja, melainkan permintaannya sudah merambah hingga China dan Amerika. Oleh karena itu metode perawatan dari ayam hitam ini haruslah diperhatikan.

Dumadi menerangkan bahwa merawat ayam cemani cukup mudah dan simpel. Jenis ayam ini diternak sama dengan ayam-ayam lainnya. Ia melanjutkan bahwa tidak ada perawatan khusus untuk menernak ayam ini.

“Kebersihan kandang menjadi faktor penting dalam merawat ayam cemani” jelasnya.

Dumadi melanjutkan bahwa untuk penyakit pada cemani itu sendiri biasanya terjadi pada saat pergantian musim. Pada saat itulah vaksinasi rutin diperlukan untuk menghindarkannya dari penyakit dan menjaga stamina dari ayam itu sendiri.

Baca Juga :   Telisik Sapi Madura, Sapi Khas Indonesia

“Setelah saya cermati menjaga kesehatan ayam dan kebersihan kandang menjadi kuci utama” terangnya.

Lebih lanjut, Dumadi menjelaskan bahwa jika siapa saja yang akan menernak ayam cemani, kiatnya yaitu kandang yang bersih dan mencoba memelihara sepasang cemani agar lebih tahu perilaku dari ayam cemani itu sendiri.

Adapun dari sisi pakannya, lanjut Dumadi, tidaklah sulit. Jenis ayam ini bisa dengan pakan seperti ayam biasanya seperti konsentrat maupun bekatul. Pemberian pakan bisa dilakukan setiap hari, hal ini sangat tergantung dari kebutuhan masing-masing ayam tersebut.

Selain itu, menurutnya, penetasan telor juga bisa dibantu dengan mesin tetas. Hal ini untuk mempercepat proses penetasan dan menjaga agar telur dapat menetas dengan bagus.

Baca Juga :   Meningkat Tajam, Karantina Pertanian Batam Pastikan Hewan Kurban Sehat

“Saya membuat mesin tetas sendiri karena jika mengandalkan yang konvensional akan lama” jelasnya.

Ia menjelaskan juga ayam ini juga perlu untuk dimandikan. Untuk menjaga kesegaran ayam legam ini bisa dimandikan satu atau dua kali dalam seminggu.

Dumadi sendiri mengawali beternak ayam hitam ini dari tahun 2015. Berawal dari hobi yang digeluti kini ia mencoba untuk serius mengembangkan peternakan ayam cemani ini. Ia dan rekannya melakukan pembinaan kepada pemula yang berminat mengembangkan peternakan ayam ini.

Sedangkan harga ayam cemani sendiri sangatlah variatif tergantung dari jenis dan kualitasnya. Dumadi menjelaskan bahwa untuk ayam cemani dengan umur satu bulan berikisar 600 ribu per-ekor. Sedangkan untuk cemani dewasa biasanya dibanderol dengan kisaran 10 juta – 20 juta per-ekor.

Komentar