Teknologi Pembuatan Kompos dengan Memanfaatkan Jerami Padi

oleh -7 views
Ilustrasi Pupuk Organik Foto pinterest
Ilustrasi Pupuk Organik - Foto : Pinterest

Panennews.com – Permasalahan yang berhubungan dengan pupuk selalu terjadi tiap tahunnya. Hal itu terjadi karena orang masih belum tahu tentang teknologi pembuatan kompos dengan memanfaatkan bahan alami sekitar. Tentunya juga tak membahayakan bagi lingkungan.

Contohnya saja menggunakan bahan dari jerami padi. Komoditas padi sendiri dilansir selalu meningkat di wilayah Indonesia. Sehingga hal ini bisa menjadi peluang para petani untuk memanfaatkan jeraminya sebagai bahan dasar pembuatan pupuk kompos.

Pupuk kompos buatan sendiri akan lebih menghasilkan kesuburan tanah yang alami dan bagus. Sebab, faktanya memang pupuk kimia membuat kadar kesuburan tanah menurun. Cara pembuatan pupuk kompos dari jerami padi sangatlah mudah.

Baca Juga :   Mengenal 3 Komponen Utama Akuaponik

Pertama, hanya perlu menyiapkan peralatan seadanya seperti bak dan cetakan dari bambu. Sedangkan bahan utamanya adalah jerami, air, dan activator promi. Setelah semuanya siap masukkan air dalam wadah dan tambahkan bahan activator promi. Biarkan larut dulu.

Kedua, pasang cetakan untuk menampung jerami. Kemudian masukkan jerami ke dalam cetakan dan siram menggunakan air campuran activator promi. Setelah disiram injak-injak jerami agar padat dan lakukan secara berulang-ulang.

Ketiga, tutup jerami yang ada di cetakan dengan plastik atau terpal dan ikatlah dengan kuat agar tidak lepas. Biarkan jerami mengalami fermentasi alami dan tunggulah selama satu bulan. Nah itulah, tadi tahapan teknologi pembuatan kompos dengan memanfaatkan jerami.

Komentar