Tanaman Obat untuk Mengatasi Ayam Ngorok dengan Mudah

oleh -12 views
Ayam Nunukan
Foto : Dok. Zonikutai

Panennews.com – Ngorok adalah penyakit yang menyerang sistem pernafasan ayam. Penyakit ini dapat menghambat proses pertumbuhan, produksi telur hingga kematian. Oleh karena itu, kita akan membahas obat alami untuk mengatasi ayam ngorok dengan mudah.

Pertama adalah jeruk nipis. Kandungan flavonoid dipercaya dapat mengatasi ayam ngorok. Cukup cuci bersih jeruk nipis, kemudian peras airnya. Campurkan perasan air dengan kecap manis. Berikan pada ayam 1 kali/hari.

Belimbing wuluh kaya kandungan vitamin C, B, zat besi, serta anti oksidan pun dipercaya mampu mengatasi ngorok. Anda hanya perlu mengorok ayam dengan air hangat. Kemudian berikan perasan buah air belimbing wuluh pada ayam. Berikan 1 kali/hari.

Baca Juga :   Burung Wiwik, Si Burung Penyendiri

Kandungan anti bakteri mengkudu juga dipercaya dapat mengatasi ayam ngorok. Ambil buah mengkudu matang. Kemudian cuci dan iris tipis dan rebus hingga mendidih. Anda dapat memberikan ramuan tersebut pada ayam sekali sehari setelah didinginkan.

Anda juga dapat menggunakan bawang putih sebagai penawar pada ayam. Kandungan anti bakteri pada bawang membantu membasmi bakteri di saluran pernafasan. Anda tinggal memarut dan mengambil sari bawang putih. Campurkan dengan air hangat lalu berikan pada ayam 1 kali/hari.

Terakhir, Anda dapat menggunakan rebusan air daun sirih dengan perasan jeruk nipis untuk membasmi penyakit ayam Anda. Itulah tanaman obat untuk mengatasi ayam ngorok dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Komentar