Rumput Bachiaria, Pakan Kambing Pilihan di Musim Kemarau

oleh -218 views
Ilustrasi Kambing
Ilustrasi Kambing - Foto : Pixabay/@Couleur

Panennews.com – Kambing adalah ternak pemakan rumput. Kambing memakan berbagai jenis rumput, pakos, serta legume ramat/pordo. Stok pakan ternak sangatlah banyak kala musim penghujan. Namun, lain halnya saat musim kemarau melanda. Rumput bachiaria untuk pakan kambing pun hadir sebagai solusi.

Rumput bachiaria atau dikenal sebagai rumbut bede, adalah tanaman asal Afrika yang berkembang hingga ke Indonesia. Rumput ini dapat hidup hingga usia 3 tahun. Tumbuh dengan cepat, jenis ini subur di daerah dengan kemarau pendek beriklim basah.

Baca Juga :   Tips Ampuh Memilih Burung Beo Yang Pandai Bersuara Lantang

Pertumbuhan rumput bachiaria tidak terhalang oleh gulma. Hal ini dikarenakan pertumbuhan rumput yang cepat, sehingga dapat bersaing dengan baik dengan tanaman pengganggu. Rumput ini dapat menghasilkan 120 ton rumput/hektar setiap tahun.

Kadar air tinggi, membuat rumput bachiaria dapat bertahan pada tingkat kemarau sedang. Kadar air juga lebih tinggi ketika berusia muda (sekitar 2 – 3 minggu). Namun, memiliki tingkat nutrisi yang rendah pada usia yang sama.

Rumput bachiaria sangat baik dipanen saat usia muda. Tingkat protein yang sedang akan terus menurun ketika rumput menua. Kambing juga akan kesulitan untuk mencerna dikarenakan peningkatan serat pada rumput.

Baca Juga :   Begini Dampak Buruk Pemberian Pakan Gurame Yang Berlebihan

Palatabilitas rumput bachiaria tergolong tinggi. Ditambah tekstur lembut dengan batang dan daun yang tidak besar membuat kambing menyukainya. Oleh karena itu, rumput bachiaria untuk pakan kambing menjadi solusi di kala kemarau datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.