Rekomendasi Strategi Pemasaran Sayuran yang Tepat untuk Bisnis Anda

oleh -14 views
Ilustrasi Kubis
Ilustrasi Kubis - Foto : Pixabay/@Ulleo

Panennews.com – Berbisnis sayuran tak hanya tentang menjual saja, sebab jika salah strategi justru akan rugi. Maka dari itu, perlu adanya strategi pemasaran sayuran yang tepat mengingat produknya perlu ditangani dengan khusus dan cepat busuk.

Strategi pertama yang dilakukan ialah menyiapkan produk. Langkah ini menentukan sayuran jenis apa yang akan dijual. Penentuannya bisa dilakukan dengan analisa pasar untuk mengetahui kebutuhan pangsa pasar. Pilihlah juga segmen pasarnya, apakah tradisional atau modern.

Kedua, strategi distribusi dan tempat penjualan. Pangsa pasar dari sayuran dispesifikasikan melalui beberapa pasar sesuai dengan jenis sayurannya. Jika sayuran memiliki spesifikasi premium, maka dipasarkan di pasar modern atau swalayan. Sedangkan sayuran biasa dijual di pasar tradisional.

Baca Juga :   Budidaya Ikan dan Menanam Sayuran Praktis di Rumah Dengan OHOP

Strategi ketiga adalah mengenai harga dari sayuran tersebut. Penetapan harga jual atas produk tidak bisa sembarangan. Butuh perhitungan dan analisa yang tepat terkait biaya produksinya, keuntungan yang diharapkan, harga barang serupa di kompetitor, hingga biaya-biaya lain yang timbul.

Strategi yang terakhir ialah promosi. Cara-cara memasarkan produk sayuran yang tepat ialah pembuatan brosur, pemberian diskon, mengikuti pameran, hingga promosi mouth to mouth tentang produk sayuran tersebut.

Itulah komponen dari strategi pemasaran sayuran yang tepat. Strategi tersebut dapat menjadi acuan pelaku bisnis dalam menjalani usaha bidang sayuran. Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat di atas, Anda akan dimudahkan saat menjual produk sayuran tersebut.

Komentar