Pakan Terbaik untuk Kelinci Agar Cepat Besar

oleh -252 views
Kelinci
Dok. Shutterstock

Panennews.com – Kualitas pakan kelinci akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang kelinci agar kelinci tidak hanya memiliki tubuh yang besar tetapi juga sehat. Untuk dapat memiliki kelinci dengan tubuh yang besar maka haruslah memperhatikan dan memberikan pakan terbaik untuk kelinci tersebut.

Pada habitat aslinya kelinci mengonsumsi tumbuhan hijau-hijauan, biji-bijian ataupun umbi-umbian. Tumbuhan hijau-hijauan seperti kacang panjang, daun lamtoro, daun singkong dan lain sebagainya, bisa diberikan dengan cara dicuci dan dilayukan terlebih dahulu agar bau urine kelinci tidak menyengat.

Baca Juga :   Pemkab Badung Serahkan SK Hibah 15 Ekor Sapi Jantan ke Kelompok Ternak

Disamping pemberian hijau-hijauan, berikan juga makanan biji-bijian seperti gandum, padi, biji jagung atau yang lainnya. Pemberian biji-bijian ini berguna karena makanan ini mengandung protein yang cukup tinggi sehingga menunjang kebutuhan tubuh kelinci.

Selain itu, memberikan pakan tambahan untuk kelinci juga penting, pemberian pakan tambahan bagi kelinci dapat memberikan variasi agar kelinci tidak bosan. Pakan tambahan ini bisa didapat dari umbi-umbian dan sayur-sayuran.

Namun, setiap kelinci memiliki selera makan yang berbeda. Hal ini bisa terjadi karena perbedaan ras ataupun ukuran kelinci. Maka, untuk anda yang baru memulai memelihara kelinci, sebaiknya banyak mencoba makanan dalam jumlah sedikit dan coba lihat reaksinya.

Baca Juga :   Sebanyak 20 Ribu Ton, Impor Jagung Pakan Ternak Akan Tiba Minggu Depan

Pada dasarnya pakan terbaik untuk kelinci sangat murah dan mudah untuk didapatkan seperti rumput liar atau jerami kering yang sangat mudah didapatkan di area persawahan. Pastikan semua jenis makanan yang akan diberikan kepada kelinci dicuci sampai bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.