Pacu Ekspor, Mentan Lepas Produk Turunan Jagung dan Gandum di Cilegon

oleh -13 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Bersinergi Naikkan Ekspor

Ali Jamil mengatakan saat ini Kementan memiliki aplikasi peta potensi ekspor produk pertanian atau IMACE. Ia mendorong jajarannya diseluruh tanah air untuk melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, pelaku usaha dan petani. Salah satu tujuannya adalah untuk mendorong terbangunnya kawasan pertanian berkearifan lokal dan berorientasi ekspor.

“IMACE berisi informasi waktu nyata atau ‘real time’ terkait asal sentra komoditas, tujuan negara ekspor dan jumlahnya. Ini dapat dimanfaatkan untuk mengungkit potensi dan juga peluang ekspor,” kata Jamil.

Baca Juga :   Mentan : Kebutuhan Pangan RI Tahun 2020 Aman dan Terkendali

Dari kemudahan dalam mengakses layanan hingga inovasi yang semuanya berujung untuk menjamin kelestarian sumber daya alam hayati sekaligus menjaga keamanan dan pengendalian mutu pangan serta pakan asal produk pertanian yang dilalulintaskan baik ekspor, impor dan antar area.

“Khusus untuk ekspor, tidak hanya cepat, namun juga harus dapat memastikan bahwa komoditas pertanian yang dilalulintaskan telah memenuhi persyaratan sanitari dan fitosanitari sehingga dapat diterima di negara tujuan,”tutupnya. [*]

Komentar