Millenial Membangun Desa Secara Mandiri Dengan Digital

oleh -11 views
Sekjen GAMKI Sahat Sinurat
Sekjen GAMKI Sahat Sinurat - Foto : Panen News

Panennews.com – Sekjen Gerakan Aktivis Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Sahat Sinurat menghimbau kepada generasi millennial untuk mengembangkan potensi desa saat ini. Ia mengungkapkan bahwa ada banyak potensi desa yang harus dikembangkan khususnya pada saat new normal.

“Jadi generasi muda jangan lagi berpikir hanya dapat bekerja di kota-kota besar, tetapi harus melihat sebenarnya di kampung halaman kita, di sana justru banyak potensi sumber daya alam yang perlu dikembangkan” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa perlu adanya pengembangan teknologi di desa. Pengetahuan mengenai teknologi seperti dunia digital ini dirasa penting untuk diketahui oleh para pelaku di sektor pertanian.

Baca Juga :   Mentan Syahrul: Jadikan Sektor Pertanian Sebagai Penyelamat Krisis

“Kita harus membangun desa yang mandiri secara energi dan secara digital menjadi desa yang cerdas untuk memasarkan produk yang ada di pedesaan” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa peran serta generasi muda saat ini di sektor agribisnis sangatlah penting. Karena generasi muda adalah penerus bagi generasi sebelumnya.

Selain itu, Sahat juga mengungkapkan bahwa ada peluang yang sangat besar bagi generasi muda agar mampu membuat berbagai inovasi di desa yang pada akhirnya desa tersebut lebih berkembang.

Baca Juga :   Mentan Syahrul Dorong Sulsel Jadi Lokomotif Ternak Sapi Kerbau Nasional

Ia melanjutkan dengan adanya pengembangan digital dari desa di saat pandemi dan new normal generasi muda bisa terus produktif dan tetap bisa mengembangkan ekonomi kreatif yang berbasis pada produk-produk peternakan dan perikanan.

Sahat juga menghimbau di era sekarang saatnya saling bersinergi antara generasi muda, masyarakat, dengan pemerintah dan yang pada akhirnya dapat menjadi jembatan atas berbagai kebijakan-kebijakan yang ada untuk dapat diaplikasikan demi kepentingan bersama.

“Kita tidak hanya terus menuntut, tetapi kita harus mampu menunjukan peran kita” jelasnya.

Komentar