Meningkat, Permintaan Karet Lembaran Kaltim di Pasar Ekspor

oleh -79 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian tak henti memfasilitasi ekspor komoditas pertanian di masa pandemi Covid-19. Kali ini melalui Karantina Pertanian Samarinda, Kementerian Pertanian memfasilitasi ekspor karet ke Cina sebanyak 201,6 ton dengan nilai Rp. 5,02 miliar (23/7).

Berdasarkan data Karantina Pertanian Samarinda sampai pada bulan Juli ini telah memfasilitasi ekspor karet lembaran sebanyak tiga kali pengiriman ke Rusia dua kali dan China satu kali. Dengan total 246,9 ton. Jumlah ini meningkat jauh dibandingkan ekspor total di tahun 2019 yang hanya 203 ton.

“Kita semua bersyukur bahwa situasi ekonomi dunia yang berjalan lambat ini tidak terlalu berpengaruh pada permintaan lembaran karet dari Kaltim. Malah ada kecenderungan meningkat”, ucap Kepala Karantina Pertanian Samarinda, Agus Sugiyono, pada saat supervisi pemeriksaan karet lempengan.

Baca Juga :   Selamatkan Harga Telur, Kementan Fasilitasi Distribusi Telur Peternak Blitar ke Maluku dan Kalteng

Agus menambahkan ekspor karet lembaran tahun ini sudah mengalami peningkatan dan mulai menjajaki pasar-pasar negara luar baru. Dalam waktu dekat sudah ada lagi permohonan pemeriksaan komoditas karet dalam jumlah yang cukup besar.

Berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQfast pada semester pertama (Januari – Juni) tahun 2020, ekspor lembaran karet Indonesia meningkat dibandingkan awal semeter tahun 2019. Semester pertama tahun ini telah mencapai 63.248 ton, sedangkan di tahun 2019 hanya mencapai 53.396 ton.

Karet lembaran Indonesia ini banyak di ekspor ke negara China, India, Taiwan, Lutvia, Rusia, Pakistan, Mesir, Kanada, Amerika, Malaysia, Korea Sela

Pandemi, Sektor Pertanian Tidak Berhenti

Baca Juga :   Lakukan Diplomasi Teknis Virtual, Karantina Pertanian Dorong Ekspor Manggis ke Taiwan

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil mengatakan mengapresiasi peningkatan ekspor komoditas pertanian sub sektor perkebunan ini. Disaat harga karet dunia mengalami kenaikan di bulan Juli ini, namun permintaan karet lembaran asal Kaltim tidak surut.

“Benar seperti yang dikatakan oleh Bapak Menteri Pertanian, bahwa Covid-19 ini berdampak baik untuk sektor pertanian. Di tengah keterpurukan berbagai sektor bisnis, sektor pertanian yang terus tumbuh selama pandemi Corona ini”, ujar Jamil.

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, perekonomian Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan jika sektor pertaniannya terus dioptimalisasi. Nilai ekspor produk perkebunan, hortikultura, dan sebagainya baru tembus Rp 400 triliun. Ia mengajak pengusaha untuk menggenjotnya menjadi Rp 1.000 triliun. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.