Kini Berkurban Bisa Dengan Cara Menabung Dan Kepastian Harga Sapi

oleh -43 views
Hewan Kurban
Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Menjelang hari raya Idul Adha biasanya banyak kaum muslimin yang mempersiapkan beragam hewan kurban. Hewan-hewan tersebut diantaranya kambing, domba, sapi, maupun kerbau. Tentunya menjelang hari raya kurban harga pasaran dari hewan-hewan tersebut biasanya melonjak.

Jika sebagian dari Anda merasa berat menjalankan kurban karena harga sapi atau kambing yang melonjak, salah satu caranya yaitu dengan menabung. Hal inilah yang menginspirasi Fery (43) owner dari Nabung Qurban untuk membuat sistem nabung bagi para pekurban.

“Dengan cara ini maka kaum muslimin insya Allah bisa lebih mudah dan ringan untuk berkurban” jelas Fery saat ditemui di lapak dagangannya di daerah Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (22/7).

Lebih lanjut Fery menjelaskan bahwa sistem Nabung Qurban merupakan metode menabung rutin setiap bulan yang dialokasikan untuk pembelian hewan kurban menjelang hari raya Idhul Adha.

Baca Juga :   Mencicipi 'Manisnya' Bisnis Kopi Keliling Di Jogja

Ia menerangkan bahwa sistem ini merupakan hal baru di masyarakat karena mengintegrasikan antara menabung dengan aplikasi di ponsel.

“Silakan bisa download aplikasi JOS (jamaah online sistem) di Play Store dan registrasi disana, kemudian nanti ada akan ditindaklanjuti” jelasnya.

Fery menjelaskan bahwa di era sekarang dengan platform digital maka akan lebih mempermudah konsumen. Apalagi ia dan timnya melakukan transparansi dari sisi keuangan.

“Saat ini sistem masih terus kita sempurnakan, tahun depan kita akan menambah beberapa fitur yang lebih memudahkan jamaah, termasuk dicara pembayaran” jelasnya.

Di sisi harga hewan kurban, lanjut Fery, Nabung Qurban juga menentukannya diawal proses menabung, sehingga ada kepastian harga untuk pembeli dan tidak adanya kenaikan harga saat menjelang Idul Adha.

Baca Juga :   Aplikasi Simapi Inovasi dari Dinas Peternakan Boyolali

Selain itu, harga dari hewan kurban itu sendiri dibanderol sesuai dengan beratnya. Untuk tahun ini harga per-kilogram sapi dibanderol Rp. 61.500/kg. Menurutnya konsumen nantinya dapat memeilih berat hewan sesuai dengan kemampuannya dalam menabung.

“Cara-cara ini terbukti mampu mendongkrak animo masyarakat untuk berkurban dan juga banyak dilirik lembaga dan organisasi keagamaan” akunya.

Ia menjelaskan tahun lalu Nabung Qurban mampu menjual sekitar 112 ekor sapi dan di tahun ada sekitar 149 ekor yang sudah terjual.

Rencananya Fery dan tim akan lebih banyak menggandeng peternak lokal untuk penyediaan hewan kurban seperti sapi dan kambing, sehingga akan lebih dirasakan manfaatnya bukan hanya untuk konsumen tetapi juga peternak.

“Kami sudah berkomunikasi dengan para pedagang dan peternak sapi untuk menjalin kerjasama dalam penyediaan hewan kurban ini” pungkasnya.

Komentar