Kenali Penyakit Tetelo pada Unggas

oleh -7 views
Ilutrasi Peternakan Ayam
Foto : Getty Images

Panennews.com – Tetelo atau dikenal secara internasional sebagai Newcastle Disease (ND) merupakan salah satu penyakit mematikan pada unggas. Penyebab penyakit ini adalah virus dengan nama yang sama, yaitu ND virus. Pada tahun 1926, penyakit ini ditemukan menyerang unggas di Bogor untuk pertama kali.

Gejala klinis penyakit ketika menginfeksi ayam diantaranya pilek, ngorok, tubuh lemas, kotoran yang encer dan berwarna hijau dan jengger menjadi biru. Pada unggas muda, jarak kematian dengan gejala sangat dekat, sedang pada unggas dewasa terjadi beberapa hari setelah gejala menyerang.

Baca Juga :   Hereford, Sapi Potong Unggulan

Hingga saat ini belum terdapat obat yang dapat mengobati penyakit ini. Namun, terdapat beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan, diantaranya menjaga kenyamanan ayam di usia 2 hingga 3 minggu. Ini dimaksudkan agar sistem imun unggas dapat optimal.

Selain itu, pemberian vaksin adalah satu langkah terbaik untuk menguatkan kekebalan serta proteksi terhadap penyakit ND. Terdapat beberapa jenis vaksin ND yang harus diberikan, seperti ND live, ND Kill, atau booster ND live dengan strain lasota.

Peternak juga harus menerapkan pola perilaku sistem sanitasi dan biosecurity kandang yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan penyemprotan desinfektan tiap pagi serta sore hari. Serta, meningkatkan kebersihan alat, kotoran, dan vector penyakit.

Baca Juga :   Ayam Kate, Ayam Hias Yang Mungil

Itulah gejala klinis serta pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengendalikan penyakit tetelo. Semoga bermanfaat!

Komentar