Ikan Hias Unik dan Cantik, Clown Knife Fish

oleh -875 views
Belida
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Anda yang suka memelihara ikan hias mungkin tidak asing dengan ikan clown knife fish. Di Indonesia ikan ini lebih familiar disebut sebagai ikan belida, walaupun ia memiliki nama lain, seperti clown featherback ataupun spotted knifefish.

Nama latin untuk ikan ini adalah chitala ornata, dan termasuk dalam genus chitala. Di Indonesia harga ikan ini cukup terjangkau, membuatnya mudah ditemukan di pengepul ikan hias. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan yang hidup di air tawar.

Baca Juga :   Agar Berkualitas, Kemenkop UKM Kembangkan UMKM Pengolahan Ikan

Ikan belida memiliki bentuk yang unik, tubuhnya berbentuk seperti pisau. Untuk jenis impor, seperti belida bangkok, ia memiliki bulatan hitam di sepanjang tubuhnya, yakni di samping kiri dan kanan tubuh. Bulatan tersebut akan mengecil seiring letaknya yang mendekati ekor.

Anda bisa membeli ikan clown knife fish ketika ukurannya sebesar jari tangan. Ketika Anda memelihara ikan ini dan hendak menjualnya, pastikan ukuran anakan yang dijual tidak begitu kecil. Masa panennya bisa sepanjang tahun, tergantung seberapa besar Anda hendak menjualnya nanti.

Baca Juga :   Regulasi Penangkapan Ikan Terukur Ditunda, Rugikan Nelayan, DKP NTB Minta Dikaji Ulang

Ikan jenis ini bisa Anda temukan dengan mudah di daerah Indocina, seperti Thailand, Kamboja, Indonesia, Vietnam, dan Laos. Belida kecil hidup secara berkelompok, akan tetapi ketika ia sudah dewasa, ia lebih galak dalam menjaga tutorialnya.

Clown knife fish bisa menjadi pilihan Anda sebagai ikan hias. Saat ini ia dikategorika sebagai ikan yang hampir punah di habitat aslinya. Oleh karena itu, dengan memeliharanya Anda bisa menjaganya dari ambang kepunahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.