Ikan Firemouth, Ikan Unik Asal Amerika Tengah

oleh -830 views
Ikan Firemouth
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Barangkali belum banyak yang mengenal ikan firemouth. Ikan satu ini dapat dibudidayakan sebagai ikan hias karena memiliki bentuk fisik yang unik dan menarik. Ikan yang termasuk ke dalam jenis cichlid ini pun mempunyai nilai ekonomis tinggi di kalangan pembudidaya ikan hias.

Ikan yang mempunyai nama latin Thorichthys meeki ini seringkali disebut juga dengan julukan mulut api karena mulutnya berwarna merah menyerupai api. Ukuran fisik ikan ini biasanya sekitar 15 cm untuk ikan jantan dewasa. Sedangkan pada ikan betina, ukurannya sedikit lebih kecil.

Baca Juga :   Komisi IV Apresiasi Teknologi Bioflok, Sistem Optimalisasi Budidaya Ikan Konsumsi

Adapun pada tubuh bagian tengah ikan ini terdapat garis-garis yang melintang dengan warna gelap. Sementara itu di perut dan leher umumnya berwarna merah atau oranye. Ikan ini memiliki iris biru. Siripnya tidak berpasangan dalam hal warna, satu berwarna merah muda, satu biru.

Habitat alami ikan firemouth adalah di perairan Amerika Tengah, meliputi negara-negara seperti Meksiko, Guatemala, Honduras, dan sebagainya. Ikan ini hidup di perairan yang bagian bawahnya terdapat pasir atau lumpur.

Untuk dapat membudidayakan ikan ini tidak perlu menggunakan akuarium yang sangat besar, asalkan masih bisa memberikan ruang gerak. Ikan ini pun bisa hidup damai meskipun kadang-kadang menjadi agresif jika ikan jantan dan ikan betina dijadikan satu tempat.

Baca Juga :   Mengenal Ciri-ciri Lobster, Dari Tubuh Hingga Kakinya

Ikan firemouth dapat bereproduksi ketika sudah berumur 8—12 bulan. Usia ini cukup ideal untuk melakukan pemijahan. Ikan betina akan bertelur secara sembunyi-sembunyi. Pada jenis ikan ini, sebaiknya tidak dilakukan pemisahan tempat pasangan yang hendak bertelur karena bisa stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.