Ikan Discus, Si Ikan Hias Sejuta Spesies

oleh -38 views
Ikan DIscus
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan discus dikatakan sebagai ikan sejuta spesies karena ada banyak sekali variasinya, baik dari segi warna maupun ciri fisik tertentu. Ikan ini dapat dibudidayakan sebagai ikan hias yang umumnya diletakkan pada media akuarium.

Ikan dengan nama latin Symphysodon sp. Ini mempunyai fisik sangat unik dan menarik. Bentuknya seolah rata, apalagi jika dilihat dari samping. Panjang ikan dewasa bisa sampai 22 cm dengan sirip menyerupai kipas berkibar.

Setidaknya terdapat seratus lebih spesies ikan satu ini. Hampir seluruhnya mempunyai fisik seragam, yang membedakan adalah warna. Ada yang berwarna kuning cerah, biru, violet, hingga warna kombinasi. Semuanya tampak cantik dan unik.

Baca Juga :   Keunikan Ikan Molly, Mulai dari Bentuk Hingga Rasa

Habitat alami ikan discus yakni berasal dari perairan Amazon. Ikan ini dulunya hidup di sungai-sungai area lembah. Posturnya yang gepeng dan pipih memudahkan gerak di antara bebatuan. Ikan ini hidup secara berkelompok di suatu tempat.

Pembudidayaan ikan ini cukup mudah dilakukan. Pakan yang biasanya dipakai meliputi pakan beku dan pakan hidup. Pakan beku disiapkan dengan racikan sendiri, sedangkan pakan hidup hanya perlu dimasukkan ke dalam akuarium langsung. Ikan ini cukup lincah dalam memburu makanan.

Ketika musim kawin sudah tiba, ikan discus akan melakukan pemijahan. Antara ikan jantan dan ikan betina hampir tidak bisa dibedakan dari segi fisik. Namun, ketika masa kawin sudah tiba, barulah terlihat bahwa beberapa betina cenderung lebih besar tubuhnya karena mengandung telur.

Komentar