Drum Seeder, Alat Penanam Benih tanpa Semai

oleh -13 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Drum seeder merupakan sebuah inovasi yang dikembangkan oleh Balai Besar Pengembangan Mekanisme Pertanian (BBP Mektan) dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Alat ini merupakan salah satu pengembangan teknologi benih langsung (tabela).

BPP Mektan membuat alat ini dapat dijalankan dengan traktor roda dua dan terus dikembangkan hingga memiliki 3 titik gandeng. Sehingga, dapat dijalankan dengan crawler atau traktor roda empat. Daya yang digunakan sebesar 40 HP.

Mesin terdiri dari 3 titik gandeng, penampung benih berupa drum dengan lubang keluaran benih, rangka serta roda dukung untuk perputaran drum. Mesin ini bekerja dengan kecepatan 2 km/jam dengan luas kerja 2 m serta kapasitas 2,5 jam/ha. Benih diperkirakan jatuh sekitar 3 hingga 5 biji perjatuhan.

Baca Juga :   Canggih, Drone Otonom UGM Alat Pembasmi Hama Berteknologi Tinggi

Cara kerja alat ini sangatlah sederhana. Alat diletakkan pada petakan sawah. Kemudian, benih diletakkan pada penampung. Pekerja tinggal menarik alat tersebut dan otomatis benih akan berjatuhan dan menyebar di atas permukaan tanah.

Hal mendasar yang diperlukan oleh petani dalam menggunakan alat ini adalah kemampuan berjalan secara lurus sembari menarik alat. Tarikan yang tidak lurus akan menghasilkan baris persebaran yang tidak lurus dan berakibat pada kesulitan penyiangan. Hal ini kemungkinan akan berdampak pada penurunan jumlah gabah.

Baca Juga :   Alat Pemotong dan Pembalik Tanah Pertanian, Bajak Singkal

Drum seeder dapat digunakan di lahan kering ataupun dengan pengolahan sempurna. Sehingga akan menghemat waktu dan biaya.

Komentar