Convict Cichlid, Ikan Kuat dengan Fisik Hitam Belang

oleh -1,290 views
Convict Cichlid
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Sebagian mungkin masih asing dengan ikan convict cichlid. Jenis ikan ini yang paling populer adalah warna hitam belang menyerupai zebra. Masih banyak variasi bentuk dan warna lain, hanya saja tidak semua bisa didapatkan secara mudah.

Ikan yang mempunyai nama latin Archocentrus sp. ini berasal dari famili jenis Cichlidae yang telah dikenal sebagai ikan berfisik kuat. Ukuran tubuhnya berkisar antara 15 cm untuk yang jantan, sedangkan ikan betina umumnya berukuran 12 cm.

Yang paling khas dari fisik ikan convict cichlid adalah adanya sedikit tonjolan di area wajah. Meskipun tidak semua ikan mempunyai tonjolan ini, sebagian besar bisa dilihat agak bergeronjal di wajahnya sehingga memberikan kesan sangar.

Baca Juga :   KKP Godog Kuota Dalam Penangkapan Ikan Terukur

Tempat pembudidayaan ikan ini yang disarankan yakni berupa akuarium dengan ukuran kurang lebih 113 liter. Ukuran ini sudah standar dan bisa diisi beberapa jenis ikan lain yang bersahabat. Sifat tahan banting ikan ini membuatnya mampu bertahan dalam kondisi lingkungan berat.

Habitat alami ikan ini adalah sungai-sungai yang berada di Amerika Tengah. Biasanya ikan ini akan memakan serangga atau tanaman air untuk bertahan hidup, karena tergolong omnivora. Jika sudah dibudidayakan, ikan ini bisa diberi makan pelet yang berkualitas.

Baca Juga :   Gurihnya Cuan dari Budidaya Ikan Hias

Ikan convict cichlid bertipe agresif yang pemalu. Ketika dalam kondisi normal, ikan ini tidak banyak berinteraksi di luar sarangnya. Namun ketika sudah diberi makan ataupun dalam masa produktif, seketika ikan ini menjadi agresif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.