Cara Mudah Budidaya Selada dengan Hidroponik

oleh -20 views
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik - Foto : pixabay/marsrow

Panennews.com – Budidaya selada dengan hidroponik menjadikan proses penanaman tumbuhan ini menjadi lebih luwes dan mudah. Sebab, selada tak harus ditanam dengan kondisi iklim yang sesuai dengannya, karena dengan menggunakan hidroponik selada bisa ditanam dimanapun.

Pertama, penyemaian pada bibit selada. Bibit yang telah dipilih harus dipotong lalu dimasukkan ke dalam rockwool. Basahi bibit, dan tempatkan pada lokasi yang gelap. Tunggu sampai 12 hari hingga bibit mengeluarkan daun dan siap untuk dipindahkan.

Kedua, pindahkan bibit hasil penyemaian. Bibit selada yang sudah memiliki daun sejati silahkan pindahkan ke modul hidroponik. Waktu untuk memindahkan bibit selada bisa berbeda-beda. Ada yang menunggu sampai 4 lembar daun, ada yang baru dua daun.

Baca Juga :   Kacang Panjang, Tanaman Sayur Favorit Banyak Orang

Ketiga, memenuhi nutrisi selada. Langkah selanjutnya adalah memenuhi nutrisi selada hidroponik. Dalam memenuhi nutrisi selada, harus benar-benar memperhatikan kepekatan nutrisi yang akan diberikan. Standarnya kepekatan nutrisi mencapai 900-1000 ppm.

Keempat, proses panen. Setelah memenuhi langkah-langkah di atas, hal terakhir yang harus dilakukan adalah proses panen. Biasanya selada bisa dipanen dalam rentang waktu 30-40 hari. Semua itu tergantung dengan bobot dari selada itu sendiri.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan langkah mudah budidaya selada dengan hidroponik. Jika ingin mencobanya, usahakan untuk memperdalam lagi langkah-langkah untuk menanamnya. Sebab, jika ada yang tidak sesuai maka hasil juga tidak maksimal.

Komentar