Cara Merawat Bunga di Pot Agar Tumbuh Baik

oleh -23 views
Tanaman di Pot
Foto : Getty Images

Panennews.com – Menanam bunga biasanya menjadi kebiasaan kaum hawa. Tujuannya untuk mempercantik tampilan ruang, juga untuk dibudidayakan. Pasalnya beberapa tanaman memiliki harga fantastik apabila cara merawat bunga di pot agar tumbuh baik di perhatikan.

Nah, bagi pencinta tanaman hias dan bunga pasti mengerti cara perawatannya dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yang pertama yaitu terkait pemilihan ukuran dan bentuk pot.

Bunga kecil, akan lebih bagus jika tempatnya juga kecil begitupun sebaliknya. Jenis bahannya juga, ada pot dari plastik, batu, kerami, hingga tanah liat atau gerabah. Pilih jenis pot yang sesuai.

Baca Juga :   Urban Farming Solusi Berkebun Di Kota Metropolitan

Selanjutnya yaitu gunakan media tanam yang tepat. Ada bunga yang akan tumbuh pada tanah lembab, ada pula yang kering, hingga basah. Setelah itu, pastikan tanah tersebut gembur, mengandung unsur hara, serta nutrisi yang pas atau bisa dicampuri dengan pupuk.

Taruh tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari dan angin cukup, karena keduanya merupakan nutrisi bagi tanaman. Sesekali beri pupuk tambahan untuk bunga kesayangan Anda.

Jangan lupa juga untuk menyiram tanaman secara rutin. Penyiraman harus dilakukan dengan intensitas yang teratur dan jumlahnya pas. Kemudian saat bunga sudah panjang, pangkas cabang-cabangnya. Tujuannya yaitu agar batang semi kembali oleh daun atau batang baru.

Baca Juga :   Kapas, Tumbuhan Kecil yang Begitu Berharga

Selama bunga masih tumbuh, sesekali aduk tanah di dalamnya dengan hati-hati. Nah setelah bunga tumbuh besar, ganti tanah dan potnya. Penggantian ini agar akar tanaman bisa terus berkembang dan unsur tanahnya tidak habis.

Itulah cara merawat bunga di pot agar tumbuh yang sederhana dan bisa dicoba.

Komentar