Cara Menanam Sayuran di Pekarangan dengan Mudah

oleh -23 views
Ilustrasi Tanaman Sawi
Ilustrasi Tanaman Sawi - Foto : Pinterest

Panennews.com – Beberapa rumah memiliki tanah kosong atau pekarangan yang biasanya tidak terpakai. Nah, untuk memanfaatkan lahan tersebut, biasanya banyak dimanfaatkan dengan membuat tanaman sayuran di pekarangan.

Cara tersebut selain bisa menghasilkan, juga bisa menjaga unsur-unsur di dalam tanah. Beberapa tanaman sayuran yang bisa dipilih ada bayam, cabai, kangkung, kubis, hingga bawang. Pilih saja tanaman yang sesuai dengan jenis tanah dan cuaca atau iklim di daerah Anda.

Saat memilih jenis tanaman atau sayuran, pilihlah dengan kualitas yang baik mulai dari benih ataupun tunasnya. Selanjutnya siapkan tanah yang mengandung pupuk, kompos, dan jika perlu beberapa nutrisi.

Baca Juga :   Tanaman Bunga Cempaka Putih yang Kaya Akan Manfaat

Tanamlah benih sayuran di tempat yang terkena sinar matahari, dan memiliki saluran air yang baik. Apabila dirasa perlu, Anda bisa membuat pupuk sendiri untuk sayuran di pekarangan. Rawat tanaman dengan rutin dan perhatikan pertumbuhannya.

Perhatikan juga, apakah ada serangan hama atau tidak. Nah, dengan bercocok tanam di pekarangan sendiri juga akan menjadikan diri produktif. Hasil panennya juga bisa di olah sendiri ataupun dijual. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dan menjadi alternatif yang sangat pas untuk dicoba.

Baca Juga :   Lakukan Ini Agar Buah Strawberi Cepat Berbuah

Membuat tanaman sayuran di pekarangan juga bisa didampingi dengan menanam bunga. Bagi yang sudah lama menanam sayuran di pekarangan, maka perlu untuk melakukan rotasi tanaman. Maksudnya yaitu mengganti tanaman setiap setahun sekali. Tujuannya agar nutrisi tanah tetap terjaga.

Komentar