Cara Memanfaatkan Barang-barang Bekas untuk Membuat Instalasi Hidroponik

oleh -22 views
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik - Foto : pixabay/marsrow

Panennews.com – Jika biasanya untuk memulai hidroponik diperlukan banyak biaya untuk peralatannya. Maka Anda bisa memanfaatkan berbagai macam barang-barang bekas untuk membuat instalasi hidroponik di rumah. Selain murah, cara ini juga termasuk ramah lingkungan.

Banyak barang bekas bisa digunakan. Mulai dari panci plastik yang sering dijumpai. Caranya yaitu panci tersebut di buatkan seperti meja sebagai tempatnya. Kemudian di lubangi bawahnya untuk saluran zat-zat berlebih yang disiramkan nantinya. Kemudian pasangkan selang atau saluran air.

Selain panci bisa juga menggunakan kaleng bekas cat. Namun, sebelumnya perlu dibersihkan sebelum dijadikan media tanam. Caranya sama yaitu dengan memberikan lubang dibagian bawah, lalu menyusunnya. Namun pada beberapa tanaman, nutrisinya kurang dan juga ada yang mudah rusak.

Baca Juga :   Alat Irigasi Pintar Ini Buatan Asli Mahasiswa Indonesia

Barang lain yang bisa dimanfaatkan adalah bak bekas. Biasanya ditemukan pada wastafel yang baknya sudah tidak terpakai. Caranya yaitu memotong bak menjadi dua bagian, sebagi pembatasnya gunakan kawat kasa. Tujuannya untuk menempatkan media tanam dan larutan.

Lalu jangan lupa memberinya lubang sebagai saluran untuk mengisi air dan zat-zat lain. Langkah selanjutnya isi bak dengan air dan larutan mengandung nutrisi, lalu taruhlah tanaman bersih ke wadah. Barulah setelah itu tambahkan media tanam.

Nah, itulah cara barang-barang bekas untuk membuat instalasi hidroponik dengan sederhana dan mudah. Selain itu memanfaatkan pralon bekas atau barang lain juga bisa. Anda bisa mulai mencobanya.

Komentar