Cara Budidaya Rosemary Paling Mudah

oleh -12 views
Tanaman Rosemary
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Cara budidaya Rosemary ada dua, pertama menggunakan bijinya dan yang kedua menggunakan batang atau stek. Keduanya jelas berbeda, baik proses maupun hasilnya.

Saat menggunakan bijinya, Anda harus menyiapkan biji yang telah terkumpul dan sudah dikeringkan. Kemudian taburkan biji pada media yang sudah disisapkan, yaitu tanah dicampur pasir, dan sedikit lumut gambut. Jangan lupa menyiramnya sedikit demi sedikit.

Cara ini memang sangat mudah, akan tetapi kemungkinan biji yang tumbuh sedikit. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk tumbuh juga lebih lama.

Baca Juga :   Buah Durian, Mengenal Musim Hingga Prospek Bisnisnya

Cara mudah kedua yaitu menggunakan stek atau biasa disebut juga cutting. Langkah pertama, ambil batang Rosemary berukuran sekitar empat inchi. Pastikan itu bukan dari tanaman muda.

Kemudian rendam batang yang telah diambil. Sembari menunggu, Anda bisa membuat media penanamannya. Media yang paling bagus adalah pasir, tanah, dan sedikit lumut gambut. Akan tetapi jika tidak ada lumut, maka cukup kedua bahan sebelumnya.

Selanjutnya taruh media ke dalam pot. Lebih indah apabila potnya kecil, karena bunga Rosemary tidak bisa tumbuh besar. Idealnya satu pot kecil diisi satu batang. Akan tetapi jika potnya besar bisa diisi beberapa. Penempatan pot juga harus terkena sinar matahari meskipun tidak terlalu lama.

Baca Juga :   Manfaat Ampas Kopi untuk Nutrisi Tanaman yang Perlu Anda Tahu

Cara budidaya Rosemary yang menggunakan batang ini akan lebih efektif. Pasalnya tanaman akan lebih cepat tumbuh, kemudian hasilnya juga identik dengan pohon induknya. Selain di pot, Anda juga bisa menanamnya di pekarangan rumah.

Komentar