Cara Agar Cabai Tak Mudah Terserang OPT

oleh -16 views
Cabai Rawit
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Organisme pengganggu tanaman (OPT) umumnya berupa serangga dan hewan-hewan kecil. Biasanya terdapat pada tanaman perkebunan, terutama cabai, dan tomat. Sehingga petani harus menyiapkan strategi agar cabai tak terserang OPT dan hasil panen tetap bagus.

Saat pra tanam, maka tanah perlu untuk diolah setidaknya satu bulan sebelum ditanami. Tujuannya agar sisa zat pupuk, dan hama di dalamnya akan mati karena terkena sinar matahari serta kehabisan sumber makanan.

Tak hanya itu, jika dirasa kandungan asam atau Ph di tanah kurang pas. Maka perlu juga untuk dilakukan pengapuran dengan ukuran yang tepat. Kemudian lakukan pemupukan juga. Begitu seterusnya hingga kandungan tanah pas dan siap ditanami.

Baca Juga :   Tak Hanya Obat Herbal, Kayu Secang Juga Bisa Untuk Pewarna Tekstil

Setelah proses tanam, benih yang dipilih harus disemai dulu. Setelah dua sampai empat minggu penanaman, cabai perlu untuk diberi larutan insektisisda agar terhindar dari serangan kutukebul.

Kemudian setelah tanaman beranjak besar dan telah dipindahkan ke lahan, untuk menghindari serangan serangga bisa dipasang perangkat OPT. Selain itu, bisa juga dengan menciptakan lingkungan atau ekosistem alami di kebun cabai.

Cara agar cabai tak terserang OPT bisa dilakukan pula dengan penyemprotan pestisida, bisa yang alami buatan sendiri atau yang biasa dijual. Selain OPT, tanaman cabai juga rentan akan jamur. Jadi perlu untuk dilakukan penyemprotan pembasmi jamur atau fungisida secara berkala.

Komentar