Canggih, Ayam Serama Pakai Micro-chip Jamin Originalitas

oleh -372 views
Suhaemi, Peternak Ayam Serama
Suhaemi, Peternak Ayam Serama - Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Inovasi terbaru datang dari peternakan ayam serama Kencana Line di kawasan Pinang, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Adalah Suhaemi (45) dan rekannya Dedi Suwardi (45) kini tengah mengembangkan penyematan micro-chip pada ayam serama untuk menjami originalitasnya.

“Inovasi yang kami lakukan adalah penerbitan sertifikat dan pemasangan micro-chip pada ayam untuk identifikasi ayam serama tersebut” terang Suhaemi pada Panen News, Minggu (19/7).

Suhaemi menjelaskan bahwa micro-chip tersebut nantinya di-scan dan akan muncul kode barcode tertentu. Dari barcode tersebut akan terlihat berbagai jenis informasi seperti jenis ayam, berat, no register, tanggal, dan sebagainya.

Baca Juga :   Warga Rusun Kembangkan Budidaya Lele Wujud Ketahanan Pangan

“Nanti identitas ayam serama ini dapat juga dilihat pada sertifikatnya” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa di peternakannya, masing-masing ayam serama sudah mempunyai sertifikat. Sertifikat ini dapat dicocokkan melalui website resmi dari Kencana Line yaitu ayamserama.id. Sehingga menurutnya, hal ini akan lebih memudahkan untuk mencocokkan datanya.

Menurut Suhaemi hal ini baru kali pertama di lakukan di Indonesia bahkan ia menganggap belum ada juga di komunitas internasional. Sehingga ayam serama yang ada di peternakannya tentu akan menjamin originalitas yang di keluarkan oleh Kencana Line.

Baca Juga :   Onagadori, Ayam Hias Jepang yang Eksotik

Sementara itu Dedi menjelaskan bahwa dengan adanya micro-chip tersebut maka dapat digunakan untuk kemudahan dalam pengurusan dokumen seperti untuk kepentingan ke Dinas Karantina waktu pengiriman.

“Harapan kami ini akan lebih memudahkan untuk para konsumen kami maupun pihak Dinas terkait” pungkasnya.

Komentar