Boesemans Rainbow Fish, Si Cantik yang Eksotik

oleh -22 views
Ikan Boesemans Rainbow Fish
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Boesemans rainbow fish ada pula yang menamainya ikan rainbow, yaitu ikan perairan tawar dengan bentuk fisik unik. Dikatakan rainbow karena konon warna tubuhnya lebih dari satu, sehingga menyerupai pelangi yang berwarna-warni.

Ikan yang mempunyai nama latin Melanotaenia boesemani ini bentuk tubuhnya pipih. Adapun pada bagian punggung terdapat dua sirip yang berbeda warna. Ujung sirip dan ekornya sedikit transparan ketika terkena cahaya. Ukuran tubuh ikan ini umumnya 10 cm.

Yang paling khas dari ikan Boesemans rainbow fish adalah warna-warni sepanjang tubuhnya. Batas alami warna ini meliputi kepala, dada hingga ke sirip, serta sirip ke belakang hingga ekor. Sehingga setidaknya ada tiga warna berbeda pada satu tubuh ikan.

Baca Juga :   Black Ghost, Ikan yang Memiliki Fisik Unik

Habitat alami ikan ini yakni berasal dari kawasan Asia-Pasifik. Di Indonesia sendiri, habitat alaminya berada di wilayah Papua. Biasanya ikan ini hidup di sungai-sungai yang arusnya tenang dan tidak terlalu deras. Ikan ini pun dapat hidup sendiri maupun dalam koloni.

Ikan ini dapat dibudidayakan menjadi ikan hias. Harga jualnya pun cukup potensial. Untuk bisa mengembangbiakkannya dengan baik, diperlukan akuarium atau media lain dengan kondisi menyerupai habitat alaminya.

Ikan Boesemans rainbow fish tidak membutuhkan perawatan lebih dalam proses budidayanya. Hanya saja ketika sudah melalui tahap pemijahan, perlu dibedakan tempat antara ikan dewasa dengan yang baru menetas, agar yang masih kecil tidak dimakan oleh yang besar.

Komentar