Trucuk, Burung yang Gemar Berkicau

oleh -708 views
Burung Trucuk
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung pengicau merupakan burung yang sangat digemari oleh semua orang. Burung Trucuk salah satu jenis burung pengicau yang sudah banyak diperhatikan khususnya oleh orang-orang yang hobi memelihara burung.

Burung berjenis cucak-cucakan ini memiliki nama ilmiah Pycnonotus goiavier. Panjang tubuh hingga 20 cm merupakan ukuran yang lumayan besar untuk jenis ini. Dengan jambul hitam yang menghiasi kepala serta bulu ekor berwarna kuning membuat burung ini sangat cantik untuk dilihat.

Kebiasaan berkelompok dengan burung sejenisnya atau bahkan dengan berbeda jenis membuat burung ini mudah ditemui. Kerap sekali dijumpai di daerah perkebunan bahkan di tepi jalan. Burung ini sering mencari serangga di atas tanah dibanding harus terbang atau hinggap di pohon.

Baca Juga :   Burung Bubut, Hewan Endemik Indonesia Yang Mulai Langka

Dengan kegemaran memakan serangga membuat Trucuk menjadi burung yang tergolong mudah untuk dirawat. Selain itu, bila nyaman dengan lingkungan tempat burung ini berada, membuat kicauannya semakin sering didengar telinga.

Penyebaran burung ini sangat banyak di daerah Asia Tenggara saja, seperti Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, hingga Indonesia. Khususnya di Indonesia, burung ini banyak dijumpai di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dengan populasi yang sangat besar, tak heran burung Trucuk dijadikan sebagai burung peliharaan. Selain memiliki suara dan bentuk yang sangat indah, cara merawatnya juga cukup mudah. Selain itu burung ini sangat sering dijadikan ajang perlombaan untuk para pecinta burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.