Traktor, Alat Pengolah Tanah Pertanian Modern

oleh -781 views
Traktor
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi para petani, pasti sudah tidak asing dengan alat pertanian bernama traktor. Alat pertanian ini adalah salah satu alat pertanian modern yang memiliki peran sangat penting dalam mempercepat pengolahan tanah pertanian. Fungsinya menggantikan peran hewan yang dulu digunakan dalam pengolahan tanah.

Alat pengolah tanah ini terdiri dari beberapa komponen penting. Komponen yang berperan sebagai sumber penggerak adalah mesin. Sedangkan alat penggeraknya terdiri atas roda rantai, roda dan lain sebagainya. Sebagai pengendali ada kopling kemudi, kopling, rem dan lainnya.

Baca Juga :   Food Estate Adalah Model Baru Pertanian Modern

Untuk membedakan alat pertanian ini sangat mudah karena memiliki ciri spesifik. Namun ciri-cirinya berbeda tergantung klasifikasinya. Misalnya untuk crawler traktor, yang memiliki ciri berupa roda rantai yang saling terhubung di kedua ujungnya.

Fungsi dari alat pertanian ini adalah untuk mengolah tanah. Alat ini digunakan untuk membajak tanah. Alat ini digunakan untuk menggantikan peran hewan seperti sapi atau kerbau yang dulu digunakan untuk membajak tanah. Dengan alat ini, membajak sawah jadi lebih cepat.

Cara kerja alat ini, pertama gulungan karet terlepas yang membuatnya bergerak maju secara bersamaan. Gulungan karet ini terlepas karena adanya gaya pegas yang bekerja. Pada bagian roda terdapat pemberat yang memperbesar traksi serta untuk menyeimbangkan alat ini.

Baca Juga :   Teknologi Olah Sampah Jadi Eco Enzyme, Perbaiki Kondisi Lahan Kekeringan

Itu tadi adalah deskripsi singkat tentang alat pertanian modern bernama traktor. Dengan alat yang umumnya digunakan untuk menarik alat pengolah tanah ini, pengolahan tanah pertanian pun akan semakin cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.