Sapi Bali, Jenis Hewan Ternak Yang Mudah Beradaptasi

oleh -21 views
Sapi Bali
Foto : Dok. fapet.ipb.ac.id

Panennews.com – Pulau dewata dikenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan. Tapi tahukah Anda bahwa negeri para dewa tersebut juga dikenal akan hasil ternak berkualitas. Buktinya ada sapi Bali yang merupakan jenis sapi lokal yang sudah terkenal bahkan sampai penjuru dunia.

Untuk memperkirakan bentuk sapi ini kebanyakan orang sering tidak bisa membedakannya. Padahal bisa dilihat dari ciri fisiknya meliputi badan ukuran sedang dengan bentuk yang memanjang. Saat ini sudah banyak masyarakat dari berbagai tempat yang membudidayakannya.

Baca Juga :   Mengetahui Fakta Si Burung Prenjak

Ciri khas sapi ini yang paling mudah dicermati ialah ukuran yang tak terlalu besar dengan tanduk tegak. Selain itu bagian kaki terlihat ramping seperti tampilan kerbau. Meski berukuran sedang, sapi jenis ini memiliki tubuh padat dengan dada dalam serta tidak berpunuk.

Persebaran sapi Bali tidak hanya di pulau dewata saja. Melainkan sudah menyebar ke berbagai wilayah lain. Sapi ini dikenal mudah beradaptasi sehingga memudahkan peternak untuk memeliharanya di berbagai wilayah.

Lebih jauh dagingnya juga empuk sehingga disukai oleh masyarakat. Selain dimanfaatkan sebagai sapi pedaging atau potong, masyarakat juga banyak memanfaatkannya untuk membantu pertanian seperti bajak sajak sawah. Tak ayal sapi ini memiliki peran Dwifungsi.

Baca Juga :   Onagadori, Ayam Hias Jepang yang Eksotik

Melihat segala kelebihan yang ditawarkan maka jangan ragu lagi bila ingin memelihara sapi Bali. Apalagi mudah di adaptasi dan juga pakan mudah disesuaikan. Perlu diketahui bahwa sapi ini lebih efektif untuk dipelihara secara intensif agar gizi yang diperoleh jauh maksimal.

Komentar