Onagadori, Ayam Hias Jepang yang Eksotik

oleh -5 views
Ayam Onagadori
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Jenis dan ras ayam diketahui sangat bervariasi. Baik yang merupakan produk lokal maupun dari luar. Di Jepang terdapat satu jenis ayam yang terbilang unik dan indah yakni onagadori. Bahkan masyarakat sana menjadikannya sebagai simbol kehormatan tinggi sehingga di lindungi.

Bentuk ayam jenis ini tak jauh beda dari ayam biasa. Bedanya terletak pada bagian ekor yang mampu tumbuh panjang. Panjang ekor ayam Jepang ini mampu mencapai 20 cm. Melihat keindahan yang ada membuat ayam ini begitu di lindungi.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Nunukan

Selain memiliki ekor panjang, ciri lain pada ayam ini ialah bentuk tubuhnya yang proporsional. Tubuh ideal dipadu dengan ekor panjang membuatnya terlihat gagah dan eksotik. Berat untuk betina mampu mencapai 1-1,3 kg sedangkan jantan lebih besar dengan 1,8-2 kg.

Melihat gambaran ayam onagadori tentu butuh perawatan yang pas agar mampu berkembang dengan baik. Hal pertama yang harus diperhatikan ialah kandang. Ukuran serta kebersihan harus dijaga dengan rutin. Melihat ekornya yang panjang tentu ukuran kandang yang sempit dapat merusak aset berharganya itu.

Baca Juga :   Sapi Bali, Jenis Hewan Ternak Yang Mudah Beradaptasi

Kondisi di sekitar pemeliharaan juga harus tenang tanpa suara bising. Suara gaduh dapat menyebabkan ayam ini mengalami stres. Beri juga pakan bernutrisi tinggi seperti voor, jagung, penambah vitamin ataupun beras merah.

Ayam yang berasal dari negeri Sakura ini tentu menawarkan keindahan berbeda dari jenis lain. Tak ayal harga jual onagadori pun terbilang sangat tinggi. Di Indonesia itu sendiri sudah banyak yang memelihara meski merupakan hasil silangan.

Komentar