Morfologi hingga Kebiasaan Unik Ikan Biawan Asal Thailand

oleh -44 views
Ikan Biawan
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Belakangan ini ikan Biawan populer dikalangan penikmat ikan. Bagaimana tidak, selain bisa jadi ikan hias ternyata juga memberikan banyak manfaat saat dikonsumsi. Ikan ini memiliki kalsium yang tinggi serta dapat menutrisi kulit.

Ikan yang disebut gurami pencium ini memiliki kebiasaan unik mencium ikan jantan lain saat duel. Nama latinya ialah Helostoma temminckii. Ikan ini punya banyak sapaan seperti ikan samarinda, tambakan, hingga bawan.

Ciri khas ikan ini ialah berbentuk pipih serta mulut memanjang untuk membantu mengambil makanan melekat seperti lumut. Terdapat gigi bertanduk pada bibir dan memiliki tapis insang. Ikan ini memiliki dua warna yaitu merah muda dan hijau.

Baca Juga :   'Gurihnya' Sate Bandeng, Hidangan Khas Kesultanan Banten

Ikan Biawan berkembang biak di kisaran umur 12 hingga 18 bulan. Musim perkawinan ikan ini terjadi di bulan Mei sampai Oktober. Masa panen ikan ini hanya 15 bulan serta dapat berkembang biak dua kali lipat dari populasi awalnya.

Ikan Tambakan ini sebenarnya berasal dari Thailand hingga menyebar ke Indonesia. Ikan ini merupakan spesies air tawar yang hidup di kawasan tropis, seperti Asia Tenggara. Saat ini, ikan ini telah diintroduksi ke seluruh penjuru dunia.

Tak hanya itu, ikan ini dapat memakan segala jenis pakan karena sifatnya yang omnivora. Kebiasaan menciumnya yang unik serta dagingnya yang lezat membuat ikan Biawan digemari banyak orang. Tak heran jika ikan ini banyak diekspor ke banyak negara.

Komentar