Mengetahui Fakta Si Burung Prenjak

oleh -971 views
Burung Prenjak
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Prenjak atau ada yang menyebut dengan burung ciblek merupakan spesies burung yang memiliki postur tubuh kecil dan kelincahan di atas rata-rata. Burung ini juga banyak diminati oleh kalangan pecinta burung. Terbukti dari beberapa perlombaan yang menjadikan burung ini sebagai kontestan utamanya.

Burung yang memiliki nama latin Sylviidae dan Cisticolidae ternyata memiliki suara yang cukup melengking. Meskipun ukuran tubuhnya hanya sekitar 11-24 cm tak membuat burung ini kehilangan keaktifannya dalam bergerak dan berkicau.

Persebaran dari burung prenjak tergolong sangat signifikan di Indonesia. Sebab, burung ini memiliki nama-nama yang berbeda pada tiap daerahnya. Seperti murai (Melayu), kecici/cici (Betawi), dan cinenen (Sunda). Makanan burung ini ialah sejenis serangga.

Baca Juga :   Burung Kenari Anda Stres, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Selain itu, burung mungil ini juga memiliki beberapa jenis diantaranya ialah gunung, putih, sawah, lumut dan masih banyak lagi lainnya. Itu tandanya bahwa burung ini masih memiliki tingkat kelestarian yang cukup baik di Indonesia.

Biasanya burung ini akan bertengger pada dahan ranting dan menyuarakan ocehannya yang bertanda bahwa ada keberadaannya disana. Saat bertelur burung ini justru akan mencari dahan yang rendah namun rimbun atau pada semak-semak.

Meskipun burung prenjak masih cukup banyak di alam liar, namun orang-orang juga banyak yang membudidayakannya. Biasanya burung ini sudah masuk masa panen setelah memasuki usia 1 bulan. Setelah itu burung ini sudah siap untuk di pasarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.