Mengenal Sapi Limousin, Sapi ‘Monster’ yang Mendunia

oleh -823 views
sapi limousin
Ilustrasi Sapi Limousin - Foto : Pinterest/@Ruben Jimenez

Panennews.com – Kebutuhan akan daging sapi selalu meningkat. Tak ayal pemerintah banyak melakukan impor sapi non lokal. Salah satu jenis sapi non lokal yang amat populer ialah limousin. Sapi yang berasal dari Perancis ini dikenal berdaging tebal serta merupakan komoditi daging unggulan.

Bentuk tubuh sapi ini amat besar dan panjang. Pada setiap bagian sapi bahkan terlihat dagingnya yang berotot serta terlihat padat. Saat ini belum banyak masyarakat yang membudidayakan sapi jenis ini. Meski ada kebanyakan merupakan hasil kawin silang dengan sapi lokal.

Baca Juga :   Ayam Hutan Sri Langka, Ayam Nasional Bangsa Tamil

Ciri utama mengenali jenis sapi unggulan ini ialah bentuk tubuh yang besar, kompak dan panjang. Bulu sapi lumayan tebal berwarna kecokelatan. Termasuk ke dalam sapi ‘monster’ membuat limousin dewasa mampu memiliki bobot rata-rata mencakup 650 kg serta pejantan mampu mencapai 1000 kg.

Bobot yang mampu sebesar demikian membuat banyak peternak tertarik memelihara. Apalagi sapi ini dikenal memiliki pertumbuhan yang amat cepat. Untuk ukuran kecil saja kadang kala lebih besar dari sapi lokal dewasa.

Mengingat asalnya yang dari Perancis membuat sapi jenis ini cocok dikembangkan di iklim sedang. Bila Anda tertarik memelihara maka harus menyiapkan persiapan yang matang. Bobot besar tubuhnya membuat pakan harus di siapkan lebih banyak dari sapi lokal.

Baca Juga :   Kementan Lakukan Penyegaran, Dirjen PKH Dijabat Nasrullah

Lebih jauh pakan bisa diberikan berupa dedaunan serta menambahkan beragam biji-bijian. Selain pakan, perawatan limousin yang baik juga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Jika berhasil menernak dengan tepat maka bobot sapi akan sangat besar serta tentunya menghasilkan daging berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.