Mengenal Lebih Dekat Dengan Sapi Angus

oleh -7 views
Sapi Angus
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jenis sapi dikenal memiliki banyak variasi. Baik itu asli produk lokal maupun non lokal. Salah satu jenis sapi non lokal yang mulai banyak dikenal ialah sapi angus. Sapi jenis ini memiliki karakteristik mumpuni sebagai sapi pedaging unggulan.

Dikatakan sebagai sapi pedaging bukanlah tanpa alasan. Mengingat bobot sapi asli Skotlandia tersebut mampu mencapai 1 ton untuk pejantan. Sedangkan betina mampu rata-rata mencapai 500-750 kg. Bentuk sapi ini terbilang unik dengan badan besar, daging padat dipadu dengan warna hitam dominan.

Ciri khas sapi ini adalah perawakan tubuh yang bulat sehingga menghasilkan daging uang super padat. Selain itu sapi angus juga tidak memiliki punuk dan tanduk. Meski bertubuh bulat dan pendek, sapi ini tergolong sangat aktif bergerak. Apalagi ditunjang dengan kekuatan dan kekekaran kaki yang dimilikinya.

Baca Juga :   Rumput Gajah, Alternatif Pakan Ternak Yang Murah dan Mudah

Banyak peternak menaruh minat besar untuk menernak sapi jenis ini. Bentuk badan yang bulat besar membuat daging yang dihasilkan pun amat banyak. Selain itu sapi ini memiliki sifat dominan yang mana sangat baik jika di silangkan dengan jenis lain.

Meski berasal dari Skotlandia, sapi ini pertama tersebar di Indonesia melalui negara Selandia Baru. Hal itu mungkin dimudahkan dengan jarak dan arus transportasi yang lebih dekat. Mengingat sifat dominan yang dimiliki sapi ini membuat banyak peternak memilih mengawin silangkan dengan sapi lokal.

Baca Juga :   Pakan Terbaik untuk Kelinci Agar Cepat Besar

Hasil kawin silang Aberdeen angus tetap menonjolkan keturunan yang berkualitas. Dengan tanpa tanduk dan ukuran yang lebih besar. Kelebihan lain ketika memelihara sapi ini ialah proses reproduksi yang cepat serta memiliki sifat keibuan yang sangat baik.

Komentar