Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Nunukan

oleh -16 views
Ayam Nunukan
Foto : Dok. Zonikutai

Panennews.com – Ragam jenis ayam dikenal sangat bervariasi di Indonesia. Salah satu jenis yang mudah ditemui di Kalimantan Timur ialah ayam Nunukan. Ayam tipe ini dikenal memiliki dwifungsi. Anda dapat memanfaatkannya sebagai petelur maupun diambil dagingnya.

Bentuk ayam yang satu ini terbilang unik. Anda dapat melihatnya mirip dengan ayam biasa tetapi bagian ekor nampak pendek. Hal itu disebabkan karena pertumbuhan bulunya yang lambat dan lembut. Meski dengan begitu malah lebih cocok membuatnya menjadi petelur ataupun untuk pedaging.

Baca Juga :   Kementan Lakukan Penyegaran, Dirjen PKH Dijabat Nasrullah

Ciri khas dari ayam Nunukan ialah anakannya berbulu kapas sebelum menjadi bulu biasa ketika berumur 12 minggu. Selain itu, ayam ini tergolong memiliki bentuk yang montok sebab mampu memiliki bobot seberat 3-4,5 kg untuk jantan sedangkan betina mampu1-2 kg.

Lebih jauh, berat yang demikian membuat ayam jenis ini cocok untuk diambil dagingnya. Ciri yang tak kalah menarik ialah bentuk jengger yang berbeda untuk jantan dan betina. Jantan berjengger lebih besar bergerigi. Betina lebih lemas dan tipis pada jenggernya.

Baca Juga :   Meningkat Tajam, Karantina Pertanian Batam Pastikan Hewan Kurban Sehat

Bila ingin beternak ayam ini dirasa cocok sebab selain memiliki bobot yang menawan untuk di ambil dagingnya, produksi telurnya pun terbilang mantap. Telur mampu dihasilkan betina hingga 182 butir per tahunnya. Artinya produksi mampu mencapai 40 butir dalam satu periode.

Konon ayam Nunukan awalnya berasal dari China. Kemudian mampu beradaptasi dengan baik khususnya di Nunukan, Kalimantan Timur. Melihat kelebihan yang di miliki ayam jenis tersebut maka tak salah jika Anda ingin membudidayakannya.

Komentar