Mengenal Ikan Barbir, Si Mungil Nan Berkelompok

oleh -5,175 views
Ikan Barbir
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Memelihara ikan hias sepertinya sudah menjadi budaya yang lekat dengan orang Indonesia. Bagaimana tidak, banyak orang yang menyukai keberadaan ikan hias dengan menempatkannya di dalam aquarium, termasuk di dalamnya jenis ikan barbir.

Dibandingkan dengan ikan hias lainnya, ikan satu ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil. Maka tidak heran apabila ikan dengan nama ilmiah Puntius conchonius ini lebih banyak dipilih sebagai hiasan di dalam aquarium.

Ciri yang terlihat adalah ukuran tubuhnya sekitar 7 cm saja dengan bentuk memanjang yang sedikit pipih. Hal yang unik adalah antara mata dan kepala memiliki perbandingan besar yang tidak seimbang, yakni tampak lebih besar bagian matanya sehingga menimbulkan kesan yang unik.

Baca Juga :   Komisi IV DPR RI Soroti Kebijakan PIT Yang Beratkan Nelayan

Kebiasaan setiap orang dalam membudidayakan ikan satu ini adalah memasukkan jumlah yang sangat banyak dalam satu aquarium. Untungnya ikan barbir sendiri sudah terbiasa dengan kehidupan yang berkelompok.

Proses pembudidayaan ikan ini bisa dilakukan dengan mencampurkan jenis ikan lainnya. Artinya, dalam satu aquarium bisa saja berisi jenis ikan yang berbeda-beda sehingga selain lebih bervariasi, akan ada banyak keuntungan yang diperoleh apabila membudidayakannya.

Pakan yang bisa diberikan adalah berupa pellet, cacing tanah kecil, dan juga cacing sutra. Jenis-jenis makanan tersebut apabila diberikan secara rutin akan sangat membantu proses panen ikan barbir menjadi lebih cepat dan ukurannya memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.