Mengenal Ciri Khas hingga Masa Panen Ikan Hampala

oleh -64 views
Ikan Hampala
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Bagi pemancing sejati, pasti sudah mengenali ikan Hampala dengan baik. Tenaganya yang sangat kuat menciptakan sensasi tersendiri dalam memancing ikan ini. Ternyata, ikan ini sangat populer baik untuk dipelihara bahkan dikonsumsi.

Ikan yang sering disamakan dengan ikan Mas ini memiliki nama latin Hampala macrolepidota. Ternyata ikan ini juga memiliki nama sapaan yang cukup banyak, seperti ikan Adungan, ikan Hampal, ikan Hampalong, serta ikan Hambal.

Selain itu, ikan ini memiliki karakteristik yaitu sisik yang besar dengan noktah berwarna hitam pada badan bagian samping serta dapat dibengkokkan. Jenis ikan ini memiliki rahang yang kuat. Meski tak punya gigi, ikan Hampala termasuk ke dalam jenis ikan predator.

Baca Juga :   KKP Libatkan Calon Penerima Kapal Perikanan Bantuan Pemerintah

Ikan ini hidup di sungai arus deras dan dangkal. Masa panennya berkisar 2 hingga 3 bulan sedangkan untuk penyediaan induk baiknya berumur 6 hingga 8 bulan. Ikan ini sering berkumpul di kayu atau ranting yang tumbang, sehingga mudah dipanen.

Jenis ini tersebar di kawasan Indonesia bagian barat serta Asia Tenggara. Ada beberapa orang berpendapat bahwa ikan ini berasal dari Pulau Jawa. Ada pula sebagian orang mengira ikan ini berasal dari Kalimantan.

Meski bersifat predator, ikan ini sangat menarik perhatian kolektor ikan hias. Tak hanya itu, ikan Hampala dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Tak heran jika ikan ini menjadi salah satu ikan yang populer.

Komentar