Mengenal Burung Mungil Khas Tropis, Burung Pipit

oleh -5 views
Burung Pipit
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Jika membahas mengenai jenis burung yang ada di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Apalagi spesies burung-burung itu bisa ditemukan dalam ratusan jenis per periodenya. Salah satu jenis burung yang banyak ditemui adalah pipit.

Burung kecil dengan nama latin Estrildidae banyak tersebar pada Australasia dan wilayah tropis. Kebanyakan burung ini senang hidup bergerombol dan mencari makan bersama. Kelompok burung ini terbilang cukup besar, sebab lebih dari 10 ekor.

Pada umumnya burung pipit memiliki postur tubuh yang kecil dengan warna beragam. Namun, untuk yang berpawakan terkecil jatuh pada jenis Nesocharis Shelleyi dengan panjang 8,4 cm. sementara yang terbesar memiliki panjang 17 cm dimiliki Padda Oryzivora.

Selain itu, masih terdapat beberapa jenis burung mungil ini. Diantaranya adalah bandol peking, bandol rawa, bandol cokelat, bandol oto-hitam dll. Oleh karenanya burung-burung ini juga memiliki banyak pecinta terlebih anak-anak.

Baca Juga :   Tips Budidaya Ikan Lele Agar Panen Berlimpah

Meskipun tergolong bukan spesies langka dan banyak ditemukan pada tiap daerah Indonesia. Namun, burung ini tetap dibudidayakan oleh kebanyakan peternak. Menurut mereka burung ini sudah bisa dipanen dalam kurun waktu 21 hari.

Hal itulah yang membuat peternak menilai lebih mudah untuk membudidayakannya. Jika burung emprit biasa mungkin hanya memiliki harga murah. Namun, jika burung itu sudah terlatih dan memiliki warna cantik nilai jualnya bisa sangat tinggi.

Komentar