Mengenal Ayam Kapas yang Unik

oleh -14 views
Ayam Kapas
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Berbicara soal jenis ayam memang tidak ada habisnya. Ada saja spesies yang menampilkan keunikan tersendiri. Berbicara soal keunikan, ayam kapas tidak boleh dilewatkan. Ayam jenis ini tergolong sebagai hewan hias dengan tampilan menggemaskan.

Bentuk ayam latin Silky ini terbilang unik sebab bulu pada seluruh tubuhnya terlihat sangat lembut. Apalagi bulu yang menempel terbilang panjang sehingga makin menggemaskan. Kini masyarakat yang yang memeliharanya sebagai hewan hias.

Ciri khas dari ayam jenis ini adalah bulu panjangnya yang lembut seperti kapas. Tidak seperti ayam kebanyakan, jenis yang satu ini memiliki jari berjumlah 5. Padahal ayam tipe lain umumnya hanya punya empat jari. Bentuk jengger terlihat seperti bunga mawar yang menambah keunikannya.

Lebih jauh, warna jengger mempengaruhi usia si ayam. Bila semakin hitam maka menandakan usianya yang semakin tua. Satu lagi fakta unik pada ayam asal China ini yakni tulang dan dagingnya berwarna hitam seperti ayam cemani.

Ayam jenis ini juga patut diperhitungkan untuk dibudidaya. Diketahui bahwa betina mampu menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Oleh karena itu, pantas dimanfaatkan sebagai ayam petelur. Meski sebagai ayam pedaging pun dirasa tepat.

Tiongkok sebagai negara asal pun biasa memanfaatkannya untuk dikonsumsi. Apalagi kandungan zat dan protein tinggi pada daging ayam kapas terbilang tinggi. Di Indonesia sendiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai hewan hias mengingat bentuknya yang menggemaskan.