Menelisik Ikan Nilem, Ikan Mungil Perairan Pulau Jawa

oleh -1,018 views
Ikan Nilem
Foto : IG/@ginsontjs

Panennews.com – Di Indonesia banyak sekali ikan yang dapat dikonsumsi, salah satunya ialah ikan Nilem. Ikan ini banyak memberikan manfaat sehingga cukup terkenal sebagai salah satu jenis komoditas ikan konsumsi yang terbilang unggul.

Ikan yang sering disebut dengan Ostheocilus vittatus ini sekilas akan tampak seperti ikan Tombro namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Sebagian orang juga sering menyebutnya dengan nama ikan Bayeman.

Ciri-ciri ikan ini ialah memiliki sungut peraba yang berjumlah dua pasang pada sudut-sudut mulut. Warnanya cenderung hijau ke abu-abuan. Sedangkan untuk sirip ekornya memiliki jumlah dua dan berbentuk simetris.

Baca Juga :   Usai Dilantik, Menteri Trenggono Langsung Tancap Gas

Ikan Nilem bisa dipanen pada jangka waktu 2,5-3 bulan. Ukurannya yang ideal pada saat itu ialah 5-8 cm. Sebenarnya, ikan ini dapat pula dipanen menurut pada permintaan pasar. Cara memanennya yaitu dengan menguras bak kolam lalu mengumpulkan ikan dengan jaring.

Ikan ini merupakan budidaya ikan air tawar dari Pulau Jawa. Namun, saat ini telah tersebar di Asia Tenggara, yaitu di negara Thailand, Malaysia, serta Indonesia. Ikan ini juga banyak ditemukan pada sungai dan waduk di Madura, yaitu pada sungai Poreh.

Baca Juga :   Mesir Buka Laboratorium Penangkaran Kerang Pertama

Kini ikan Nilem menjadi salah satu primadona dari ikan air tawar. Saat ini, potensi budidayanya juga terbilang tinggi. Selain rasanya yang lezat, ikan ini dapat ditemukan dengan mudah di sungai serta waduk terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.