Mari Mengenal Kecantikan Ikan Botia yang Asli Indonesia

oleh -301 views
Ikan Botia
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Indonesia menjadi salah satu negara yang menghasilkan spesies ikan cantik nan menawan, yakni Botia. Tidak hanya di Indonesia, ikan hias satu ini juga bisa ditemukan di beberapa wilayah Asia, seperti Malaysia, Singapura, dan lain-lainnya.

Ikan dengan nama ilmiah Chromobotia macracanthus ini terbilang banyak menarik perhatian masyarakat karena tampilannya yang terbilang cantik. Warnanya yang khas yakni kuning dengan garis-garis hitam seperti harimau membuatnya terlihat berbeda dengan ikan lainnya.

Kebiasaan hidup ikan hias satu ini adalah berkelompok karena mereka cenderung menyukai bergerombol. Bahkan hampir semua aktivitas seperti merenggangkan sirip, menggesekkan badan, semua dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga :   Ketahui Tips Mudah Memilih Akuarium Untuk Ikan Arwana

Ikan hias Botia bisa hidup di aquarium asalkan dalam satu tempat terdapat beberapa ekor di dalamnya karena sifat hidupnya yang berkoloni. Kebiasaan unik yang perlu diketahui dari ikan satu ini adalah sikapnya yang terkadang berpura-pura mati demi mengelabuhi ikan lainnya.

Persebaran ikan ini sudah cukup luas di seluruh Indonesia karena memang banyak yang menyukainya. Sebab, sebenarnya kehidupan ikan satu ini sangatlah mudah hanya membutuhkan tempat yang tepat. Umumnya, ikan ini dipelihara di akuarium berukuran sedang.

Baca Juga :   7 Ton Komoditas Perikanan asal Aceh Tembus Pasar Brunei Darussalam

Tidak sedikit juga yang memulai untuk membudidayakan ikan botia ini. Terlebih selain sebagai ikan hias, ikan ini juga memiliki rasa gurih yang sangat enak saat dimakan. Untuk itu, sangat menguntungkan apabila mencoba membudidayakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.