Kolibri, Burung Hias Primadona yang Ada di Belahan Dunia

oleh -557 views
Kolibri
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Membicarakan tentang burung hias tak lengkap rasanya jika tidak mengikutsertakan burung kolibri. Sebab, burung ini merupakan salah satu primadonanya burung kicau yang ada di belahan dunia. Burung cantik ini memiliki nama lain yaitu burung penghisap madu.

Menjadi seekor burung primadona tentu ada alasannya. Kicauan yang sangat khas dengan warna berkombinasi antara kuning, merah dan biru membuat burung ini sangat tenar. Phaethornithinae dan Trochilinae merupakan nama latin dari burung cantik ini.

Selain itu, burung kolibri memiliki wilayah persebaran yang cukup luas di dunia. Namun, burung ini banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Utara. Di Indonesia sendiri burung elok ini bisa ditemukan pada wilayah Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Sulawesi.

Baca Juga :   Kenali Penyakit Tetelo pada Unggas

Burung ini juga memiliki beberapa jenis yang beragam. Diantaranya yang cukup populer ialah ninja dan sepah raja. Kedua jenis tersebut dilansir memiliki corak yang khas dan cantik.

Sementara itu, untuk ukuran tubuhnya sendiri juga tak terlalu besar. Hanya sekitar 13-14 cm saja. Keunikan lainnya yang sangat mencolok ialah bentuk sarangnya seperti sebuah kantung dan bisa ditemukan di semak serta tepian hutan.

Namun sayang, burung kolibri ini sekarang sudah masuk ke spesies langka dan dilindungi. Untuk itu tak bisa sembarang orang bisa memeliharanya, mengingat kelestariannya yang hampir punah dan bahkan diatur dalam sebuah perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.