Kini Lengkuas Lampung Punya Pasar Baru di Inggris

oleh -82 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennnews.com – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Lampung mencatat adanya penambahan negara baru untuk permohonan fasilitasi ekspor rempah berupa lengkuas diwilayah kerjanya dengan tujuan Inggris.

Pembukaan pembatasan akibat pandemi secara bertahap telah memberikan angin segar. Setelah sebelumnya dua negara masing-masing Malaysia dan Australia, lengkuas Lampungpun punya pasar baru.

“Tidak hanya negara tujuan yang baru, jumlah dan frekwensi permohonan fasilitasinya juga bertambah,” kata Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muhammad Jumadh melalui keterangan tertulisnya, Selasa (30/6).

Menurut catatannya, sejak bulan Januari hingga Juni 2020 tercatat 27 ton, sementara pada periode yang sama di tahun 2019 hanya sebanyak 12 ton saja, artinya meningkat dua kali lipat lebih tambahnya.

Baca Juga :   Gubernur Maluku Utara Gembira Mentan SYL Semangati Petani

Komoditas asal sub sektor hortikuktura ini telah dipastikan sehat, aman dan telah sesuai dengan persyaratan teknis negara tujuan setelah melewati serangkaian tindakan karantina pertanian. “Selain pemeriksaan fisik, kami lakukan juga uji lab guna memastikan seluruh persyaratan teknis ekspor terpenuhi dan produk terjamin keberterimaannya dinegara tujuan,” tambah Jumadh.

Fasilitasi Kemudahan Ekspor

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil yang juga mendampingi kunjungan tersebut mengaku siap mengakselerasi ekspor produk pertanian dengan skema kemitraan.

“Kami memiliki klinik ekspor yang dilengkapi dengan aplikasi peta ekspor. Potensi dan sentra dapat dimonitor dan dapat dijadikan landasan bagi pengembangan kawasan pertanian berbasis ekspor,” jelas Jamil.

Baca Juga :   Antisipasi Kebakaran dan Penyebaran Covid 19, Mentan SYL Cek Fasilitas Gedung Kementan

Informasi pada klinik ekspor dapat diakses melalui kantor layanan karantina pertanian ditanah air.

“Layanan ini adalah bagian dari lima langkah strategis Kementerian Pertanian untuk mencapai target Gerakan Tigakali Lipat Ekspor, Gratieks,” tutup Jamil. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.