Kemerduan Suara Ayam Ketawa

oleh -11 views
Ayam Ketawa
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Indonesia memiliki banyak jenis ayam lokal. Beberapa di antaranya bahkan memiliki keunikan seperti mampu menghasilkan suara merdu. Salah satunya ialah ayam ketawa. Dinamakan demikian sebab setiap berkokok mampu menghasilkan suara seperti manusia sedang tertawa.

Bentuk dari ayam jenis ini sebetulnya tak jauh beda dari yang lain. Pada jantan memiliki jengger tunggal bergerigi serta memiliki banyak variasi warna. Mulai dari ada yang berwarna putih, merah, hitam, kuning dan lain-lain.

Bagaimanapun ada ciri khas yang tidak dimiliki ayam ini pada jenis lain. Paling menonjol pada bagian pita suara ayam. Ayam ketawa memiliki pita suara yang terputus tidak seperti ayam tipe lain yang menyambung. Hal demikian nyatanya berpengaruh terhadap suaranya ketika berkokok.

Bila Anda tertarik membudidayakan jenis ayam ini tentu dapat diperhitungkan. Apalagi melihat harga di pasaran yang terbilang tinggi. Pemeliharaan pun tak jauh berbeda dengan jenis ayam lain. Produksi telur ayam jenis ini mampu menghasilkan 11-13 butir dalam satu periode.

Ayam ini dikenal akan suaranya yang merdu. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memberi kebutuhan gizi tinggi. Selain itu beri lantunan musik berupa suara ayam yang sudah jadi agar menjadi stimulus olehnya.

Awalnya ayam ketawa merupakan jenis lokal yang ditemukan di Sindereng Rapang, Provinsi Sulawesi Selatan. Kini persebarannya sudah sangat merata di berbagai tempat di Indonesia. Hal itu diperkuat dengan banyak orang yang memilih membudidayakannya.