Kacer Si Peniru Kicauan Jenis Burung Lain

oleh -19 views
Burung Kacer
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bila Anda salah satu pecinta burung, pasti tahu mengenai burung Kacer tentunya. Burung yang mampu menirukan suara burung lainnya merupakan jenis burung pengicau yang banyak dipelihara oleh para penggemar hewan terbang tersebut.

Masih tergolong Muscicapidae, burung ini memiliki bulu hitam dan putih serta ekor yang panjang. Burung yang memiliki nama ilmiah Copsychus saularis berparuh hitam dan lancip yang berfungsi untuk memakan serangga dan nektar bunga.

Burung yang masih berkerabat dengan jenis murai ini memiliki badan yang sangat kekar sehingga sangat indah untuk dilihat. Lebih menyukai tempat yang terbuka daripada tempat yang tertutup banyak pepohonan. Saat musim kawin, burung ini selalu berdua dengan pasangannya.

Baca Juga :   Presiden Tinjau Proyek Percontohan Ternak Sapi Belgian Blue

Dengan kicauan yang riang serta dapat menirukan suara burung lain menjadi daya tarik sendiri di telinga para pecinta burung. Karena suara yang tidak monoton, membuat burung ini memiliki harga yang sangat fantastis untuk seukuran burung.

Kacer tersebar di Asia, seperti Cina, India, hingga Asia Tenggara, seperti Filipina, Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Terutama Indonesia, khususnya di Yogyakarta, burung ini tersebar merata. Burung tersebut juga sering di jumpai di kota-kota yang tidak memiliki hutan yang sangat tertutup.

Baca Juga :   Ayam Orpington dan Keistimewaannya

Karena memiliki suara yang khas yang bisa menirukan suara burung lain, Kacer menjadi banyak digemari khususnya para pecinta burung pengicau. Terutama untuk para orang yang gemar akan memperlombakan burung ini. Sehingga populasi dari burung ini semakin lama semakin menyusut.

Komentar