Jamur Porcino, Jamur Pelengkap Komposisi Masakan

oleh -12 views
Jamur Porcino
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jamur Porcino merupakan spesies jamur yang tersebar khususnya di belahan bumi utara seperti di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Sedangkan wilayah bumi bagian selatan telah diintroduksikan untuk jamur jenis ini.

Ada beberapa sebutan untuk jamur jenis ini, dalam bahasa inggris saja jamur ini sering disebut sebagai penny bun, porcini, atau cep. Sedangkan untuk nama latinnya sendiri yaitu Boletus edulis yang termasuk tipe genus Boletus dan fungi Basidiomycota.

Jamur ini memiliki warna cenderung gelap. Panjang gangganya sekitar 10-20 cm dengan payung jamur dengan lebar 7-30 cm. Untuk batangnya sendiri berwarna putih sedangkan payung jamurnya bewarna kecoklatan.

Baca Juga :   Salak Gula Pasir Khas Bali Jajaki Pasar Ekspor

Masa yang dibutuhkan jamur Porcino untuk siap dipanen adalah sekitar 2-3 bulan. Pada musim panaslah biasanya jamur jenis ini bisa didapatkan. Kira-kira pada periode bulan Juni sampai September dan kadang-kadang Mei dan Oktober.

Tempat yang cenderung digunakan sebagai daerah perkembangbiakkan jamur jenis ini ialah di hutan yang sering ditumbuhi lumut. Selain itu, jamur jenis ini juga bisa tumbuh di tanah liat dan tanah pasir. Tersedia pada musim gugur dan panas.

Manfaat yang dapat diambil dari jamur Porcino ini adalah kegunaannya sebagai komposisi tambahan yang digunakan dalam masakan. Oleh karena itu, jamur jenis ini cukup dihormati di banyak makanan. Misalnya saja pada masakan pasta, sup, ataupun risotto.

Komentar