Jamur Morel, Jamur Khas dari Gunung Rinjani

oleh -55 views
Jamur Morel
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Jika sebelumnya jamur truffle merupakan jamur dengan harga yang fantastis, kali ini jamur Morel hadir sebagai jamur dengan harga yang setara mahalnya serta hanya bisa ditemukan di gunung Rinjani. Jamur jenis ini adalah jamur saprofit yang boleh dikonsumsi.

Jamur ini mempunyai beberapa nama lain seperti jamur spons dan guchhi. Nama latin dari jamur jenis ini ialah Morchella yang masuk ke dalam divisi Ascomycota. Bentuk dari jamur jenis ini pun sedikit unik karena berongga-rongga.

Baca Juga :   Cara Mudah Menanam Tomat Pada Media Pot

Ciri-ciri dari jamur Morel ini ialah bentuknya yang berongga-rongga seperti sarang lebah madu. Warna permukaannya pun cukup bervariasi, ada yang berwarna keabu-abuan hingga pirang. Jamur jenis ini bisa tumbuh di tanah yang kaya akan humus.

Sebenarnya, kebanyakan jamur jenis ini tidak ditanam melainkan diburu pada musim tertentu saja. itulah salah satu penyebab harganya mahal. Musim panen dari jamur jenis ini berlangsung sejak bulan Maret sampai Juni dalam satu tahun sekali.

Daerah yang cocok ditanami jamur jenis ini salah satu tempatnya yaitu di gunung Rinjani. Daerah dengan kandungan humus yang banyak akan memudahkan untuk mendapatkan jamur jenis ini. Biasanya dapat ditemukan di dedaunan yang mari dan batang pohon meranggas.

Baca Juga :   Mengulik Fakta Menarik Tentang Jamur Matsutake

Ketersediaan jamur Morel sungguh dilindungi baik oleh orang yang bertanggung jawab. Manfaat jamur jenis ini pun cukup banyak, bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap dari resep masakan yang pastinya menambah cita rasa.

Komentar