Ikan Tambera, Raja Ikan Air Tawar yang Hampir Punah

oleh -1,311 views
Ikan Tambera
Foto : Dok. Alchetron

Panennews.com – Ikan air tawar di Indonesia terbilang cukup beragam dan sebagian besarnya dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Seperti salah satunya adalah ikan Tambera atau juga dikenal dengan nama ikan tambra. Ikan ini dikenal pula sebagai King of the Rivers karena ukurannya yang besar.

Ikan ini dikenal juga dengan nama ikan semah dan masih dalam satu keluarga dengan ikan mas. Ikan yang hidup di air tawar ini mampu tumbuh hingga mencapai panjang 1 meter. Biasanya ikan ini hidup di sungai dengan arus deras.

Baca Juga :   Ada Banyak Nutrisi Lho Dari Mengkonsumsi Kepiting

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ikan ini mampu hidup hingga mencapai ukuran 1 meter. Meskipun begitu, kebanyakan yang diambil manfaatnya adalah ikan dengan ukuran maksimal 30cm. Tekstur dagingnya tebal, sehingga menjadi jenis ikan favorit untuk konsumsi.

Budidaya ikan dengan nama latin Tor putitora ini memang cukup jarang ditemui karena memang sedikit susah. Namun tak sedikit pula yang berhasil dan menghasilkan potensi yang menjanjikan. Tergolong ikan yang membutuhkan waktu lama untuk besar, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 1 tahun untuk bisa memanen ikan ini.

Baca Juga :   Tetra, Ikan Cantik Nan Mungil Menawan

Ikan yang dikenal pula dengan nama ikan Semah ini berasal dari Indo-Australia. Persebarannya dapat ditemukan di daerah Jawa, Kalimantan, Sumatera, Malaysia dan beberapa daerah lainnya. Sayangnya, di alam ikan ini sudah terancam punah.

Ikan Tambera ini merupakan salah satu ikan tawar konsumsi yang cukup banyak dicari. Ikan yang ketika diolah memiliki tekstur daging tebal ini bahkan mendapat julukan raja ikan air tawar. Dengan mengetahui informasi penting tentang ikan ini semoga bisa membangkitkan kesadaran untuk melestarikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.