Ikan Platy, Si Gembul yang Produktif

oleh -14 views
Ikan Platy
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan platy mempunyai ciri khas fisik unik yang membuatnya tampak gembul. Jika diperhatikan, dengan ikan ini hampir menyerupai ikan guppy baik dari bentuk maupun pola tingkahnya. Warna sisiknya yang nyentrik sangat indah ketika berenang di dalam air.

Ikan yang memiliki nama latin Xiphophorus maculatus ini tampak gembul karena membawa telur di dalam tubuhnya. Meskipun ada beban lain, ikan ini tetap mampu berenang dengan lincah. Siripnya yang pipih bisa berenang dengan gemulai.

Warna ikan satu ini sangat bervariasi, mulai dari warna oranye, biru, merah, hingga putih agak keabuan. Ujung sirip dan ekor ikan ini nyaris transparan, tapi memiliki kemampuan kendali yang bagus. Ekornya hampir mirip seperti kipas halus.

Ikan platy dapat dibudidayakan dalam media akuarium. Ikan ini tergolong jenis kanibal yang akan memakan anak-anaknya, oleh karena itu ketika sudah melakukan pemijahan harus dipisahkan antara ikan kecil dengan ikan dewasa.

Ikan gembul satu ini sangat produktif dalam menghasilkan anak-anak. Pada sekali proses melahirkan bisa sampai 8—12 ekor. Ikan yang hamil bisa dilihat dari munculnya bercak kehitaman pada bagian sirip belakang. Jika sudah demikian, perlu disiapkan kelahiran anak ikan.

Ikan platy bisa dikembangbiakkan dengan baik pada air dengan kondisi suhu ideal berkisar 25 derajat Celcius dan kadar keasaman air sekitar 6,8—8 pH. Selain itu, perlu pula ditambahkan tanaman air karena ikan ini suka bersembunyi di semak-semak rumput air.