Ikan Lemon, Si Kuning yang Nyentrik

oleh -3 views
Ikan Lemon
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Sesuai dengan namanya, ikan lemon mempunyai warna kuning keemasan menyerupai buah lemon. Ketika tertempa cahaya, warna kuning ini akan mengkilat menciptakan bentuk yang indah. Ikan ini umumnya dijadikan sebagai ikan hias akuarium.

ikan yang mempunyai nama latin Labidochromis caeruleus ini fisiknya tidak jauh berbeda dengan ikan pada umumnya. Bentuknya memanjang, dengan sirip tipis yang akan berkibar jika digunakan berenang. Yang menjadi ciri identiknya adalah warna kuning cerah kulit dan sisiknya.

Habitat alami ikan ini berasal dari perairan tawar di wilayah Afrika, lebih tepatnya di Danau Malawi. Jika ikan Afrika biasanya memiliki perilaku yang agresif, tapi tidak dengan spesies ini. Ikan lemon cukup tenang dan mudah hidup damai dengan ikan jenis lain.

Baca Juga :   Kenali Mengenai Ikan Oscar Untuk Referensi Peliharaan Favorit

Ikan satu ini dapat dibudidayakan sebagai ikan hias. Proses perkembangbiakan ikan ini diawali dengan reproduksi, pemijahan, serta penetasan. Ikan ini tergolong ikan yang sifatnya poligami, sehingga bisa memiliki pasangan lebih dari satu.

Proses inkubasi anak-anak hasil reproduksi bisa dilakukan selama sekitar 19 hari, setelah itu sudah bisa tumbuh menjadi ikan kecil. Adapun kondisi air yang digunakan untuk mengembangbiakkan kurang lebih bervolume 200 liter dengan suhu dan kadar keasaman standar.

Ikan lemon termasuk ikan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Meskipun bentuknya tergolong biasa, tapi warna kuning nyentriknya sangat memikat. Perawatan dan pembudidayaan ikan ini pun termasuk mudah, sehingga banyak diminati untuk dipelihara.

Komentar